IBL

Boston Celtics mengawali pertandingan semifinal Wilayah Timur dengan hasil positif. Mereka mampu menumbangkan rival klasik mereka, Philadelphia 76ers, 117-101 di TD Garden, Boston, Massachussetts, Amerika Serikat, Senin malam, 30 April 2018 waktu setempat. Mereka pun memimpin putaran kedua berformat tujuh terbaik (best of seven) ini dengan kedudukan 1-0.

Terry Rozier III, garda utama Celtics yang menggantikan peran Kyrie Irving, kembali menunjukkan kehebatannya di playoff. Kali ini, ia mencetak 29 poin, 8 rebound, dan 6 asis. Jayson Tatum, ruki (rookie), lalu menambahkan 28 poin sementara senter veteran Al Horford menyumbang 26 poin, 7 rebound, dan 4 asis. Marcus Morris, pemain pengganti, memberi 11 poin dan 5 rebound.

Di kubu lawan, Joel Embiid mencetak dobel-dobel 30 poin dan 13 rebound. Garda tembak J.J. Redick lalu menyumbang 20 poin. Ben Simmons 18 poin, 7 rebound, dan 6 asis dan Dario Saric 12 poin, 7 rebound, dan 4 asis. Marco Belinelli menambahkan 11 poin dari bangku cadangan.  

Hari ini, Celtics bermain tanpa Jaylen Brown karena cedera hamstring. Namun, pemain muda mereka justru bisa bangkit tanpa Brown. Rozier, misalnya, mencetak 10 poin dan 6 asis di kuarter pertama. Ia bahkan mampu memasukkan 7 dari 9 tripoinnya di pertandingan ini.

Dengan motivasi yang sedang menanjak, Rozier membawa Celtics unggul 56-45 di paruh waktu pertama. Maka, ada jurang 11 poin yang memisahkan keduanya kala melaju ke kuarter tiga. Oleh karena itu, Sixers tampil lebih menekan untuk membalikkan keadaan dengan mencetak 30 poin. Namun, Rozier dkk. justru dapat mengimbangi permainan lawan dengan mencetak 31 poin. Celtics tetap memimpin 87-75.

Di kuarter akhir, Celtics tak mengendurkan pertahanan juga serangan mereka. Para penonton pun membantu menekan lawan dengan menyerukan “Not a Rookie!” kepada Simmons. Sementara itu, ketika Tatum mengambil lemparan bebas di kuarter ini, para penonton menyerukan “He’s a rookie!”. Maka, perseteruan klasik ini tidak hanya terjadi di lapangan, tetapi sampai ke luar.

Dengan suntikan motivasi seperti itu, Tatum pun dapat mencetak dobel digit angka di pertandingan ini. Ia bersama Rozier dan Horford menjadi tiga dalang yang mampu mencetak 20+ poin dan membawa Celtics memenangkan pertandingan ini.

Celtics kini unggul 1-0 di semifinal Wilayah Timur. Pertandingan kedua akan berlangsung tiga hari lagi.

Foto: Elise Amendola/Associated Press

Komentar