IBL

Philadelphia 76ers akhirnya berhasil melaju ke semifinal Wilayah Timur untuk pertama kali sejak 2012. Hasil itu mereka dapat setelah menumbangkan Miami Heat 104-91 di pertandingan kelima putaran pertama NBA Playoff di Wells Fargo Center, Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, Selasa malam, 24 April 2018 waktu setempat. Sixers unggul 4-1 di putaran ini.

J.J. Redick, garda tembak senior Sixers, menjadi pendulang angka terbanyak di pertandingan ini dengan 27 poin. All-Star Joel Embiid di tempat kedua dengan dobel-dobel 19 poin dan 12 rebound. Ben Simmons lalu memberi 14 poin, 10 rebound, 6 asis, dan 2 steal. Sementara itu, Marco Belinelli dan Robert Covington masing-masing 11 dan 10 poin.

Di kubu Heat, hanya ada dua pemain utama yang mencetak dobel digit angka. Tyler Johnson mencetak 16 poin sementara Goran Dragic 15.

Poin terbanyak Heat justru datang dari bangku cadangan. Kelly Olynyk mencetak 18 poin, 8 rebound, 6 asis, dan 3 steal. Justise Winslow dengan 12 poin dan 7 rebound sementara Dwyane Wade 11 poin, 5 rebound, dan 5 asis.

Pertandingan berlangsung sengit di paruh waktu pertama. Kedua tim pun imbang 46-46. Namun, semuanya berubah ketika Kepala Pelatih Brett Brown melakukan rotasi, membiarkan Embiid dan Simmons istirahat dengan memasukkan duo pemain besar yang serba bisa: Ersan Ilyasova dan Saric. Upaya itu tampak berhasil, apalagi ketika Robert Covington membuat timnya unggul 66-54 lewat tembakan tripoin di menit 6:11.

Brown kemudian memasukkan Simmons lagi. Garda utama andalan Sixers ini membuat Goran Dragic kesulitan menjaganya, sehingga ia melakukan pelanggaran karena menampar kepala Simmons. Wasit lantas memberikan technical foul sekaligus personal foul kepada Dragic, dan Simmons terus membuatnya kesulitan. Sixers pun unggul perolehan poin (34-20) di kuarter itu.

Dengan keunggulan 80-66, Sixers cukup rentang untuk melakoni kuarter empat dengan terus memimpin pertandingan. Heat pun tidak bisa membalikkan keadaan meski mencetak 25 poin di kuarter ini. Sixers nyatanya mampu menjaga asa dan memenangkan pertandingan 104-91. Mereka pun berhak melaju ke putaran selanjutnya karena unggul 4-1. Kini, mereka tinggal menunggu lawan mereka, Boston Cetlics atau Milwaukee Bucks, yang masih bertarung memperebutkan tiket ke semifinal wilayah.

Foto: Bill Streicher/USA TODAY Sports

Komentar