IBL

Joel Embiid kembali memperkuat Philadelphia 76ers setelah absen karena cedera. Senter andalan itu pun membawa timnya memenangkan pertandingan 128-108 atas Miami Heat di AmericanAirlines Arena, Miami, Florida, Amerika Serikat, Kamis, 19 April 2018 waktu setempat. Hasil itu sekaligus membuat mereka unggul 2-1 di putaran pertama playoff.

Embiid, yang sebelumnya harus menepi karena cedera patah tulang di sekitar mata kirinya, tampil ganas dengan 23 poin, 7 rebound, dan 4 asis hari ini. Dan Levine dalam laporannya di Yahoo! Sports bahkan menulis komentar rekan-rekan setimnya tentang akan seperti apa timnya jika Embiid kembali—mereka menyebutnya: mengerikan. Hal itu benar-benar terbukti hari ini.

Embiid mencetak sedikitnya 7 dari total 23 poin di kuarter empat. Rookie Ben Simmons kemudian menambahkan total 19 poin, 12 rebound, dan 7 asis di pertandingan ini. Dario Saric, forwarda, memberi 21 poin dan 7 rebound.

Marco Belinelli, pemain pengganti, menyumbang 21 poin. Robert Covington dan J.J. Redick masing-masing 11 dan 10 poin.

Di kubu Heat, Goran Dragic menjadi pemimpin skor dengan 23 poin plus 8 asis. Justise Winslow di belakangnya dengan dobel-dobel 19 poin dan 10 rebound meski turun dari bangku cadangan. Namun, mereka tidak mampu menyelamatkan timnya di kandang sendiri.

Sixers bisa memenangkan laga ini karena berhasil memanfaatkan kesempatan menembak, baik dua angka, tiga angka, maupun lemparan bebas. Akurasi mereka di tiga kategori tersebut ada di atas 50 persen (field goal 50,6 persen, tripoin 52,9 persen, lemparan bebas 75,7 persen).

Menurut catatan ESPN Stats & Info, sebelum musim ini Sixers belum pernah mencetak 11 tripoin di playoff. Namun, musim ini mereka justru mencetak masing-masing 18 tripoin di dua laga yang mereka menangkan.

Dengan akurasi tersebut, Sixers mampu mencetak 30+ poin di tiga kuarter, kecuali di kuarter dua (26). Mereka juga mampu mementahkan serangan lawan di kuarter empat, menahan Heat dengan hanya membiarkan mereka mencetak 14 poin. Sementara itu, Embiid dan Simmons justru mendulang angka untuk memenangkan timnya dengan margin 20 poin. Sixers pun memimpin 2-1 di putaran pertama playoff.

Kemenangan itu membuat Sixers mengambil kembali keuntungan laga tandang (home-court advantage) mereka. Maka, pertandingan keempat yang berlangsung lusa akan digelar di Wells fargo Center di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat.   

Foto: Eric Espada/Getty Images

Komentar