IBL

Philadelphia 76ers membuka babak playoff dengan melawan Miami Heat. Pada pertandingan pertama itu, mereka pun menang 130-103 di Wells Fargo Center, Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, Sabtu malam, 14 April 2018 waktu setempat. Keberhasilan itu sekaligus menjadi kemenangan ke-17 beruntun sejak musim reguler; menjadikan rekor kemenangan beruntun mereka semakin panjang.

Ben Simmons, rookie Sixers, hampir mencetak tripel-dobel lagi. Ia sedikitnya mengumpulkan 17 poin, 14 asis, dan 9 rebound. Padahal jika ia mengambil sekali lagi bola pantul, ia akan melengkapi perolehannya.

J.J. Redick, garda tembak, menjadi pengumpul angka terbanyak Sixers hari ini. Ia mencetak 28 poin dengan akurasi tembakan tiga angka mencapai 50 persen. Sementara itu, Dario Saric di tempat kedua dengan 20 poin plus 6 rebound. Marco Belinelli, pemain pengganti, lalu menambahkan 25 poin ketika Ersan Ilyasova menyumbang dobel-dobel 17 poin dan 14 rebound.

Kendati begitu, Sixers sebenarnya tertinggal 56-60 di paruh waktu pertama. Kelly Olynyk, senter-forwarda cadangan, menjadi salah satu tumpuan Heat untuk unggul lebih dulu. Ia mencetak setidaknya 26 poin di pertandingan ini.

Goran Dragic, garda utama Heat, menyumbang 15 poin hari ini. James Johnson lalu menambahkan 13 poin. Dwyane Wade, garda senior, memberi 11 poin dari bangku cadangan. Namun, perolehan itu tidak cukup membantu Heat untuk memenangkan pertandingan, karena Sixers membalikkan keadaan di paruh waktu kedua.

Di kuarter tiga, misalnya, Sixers mampu mencetak 34 poin ketika menahan lawan di angka 18. Mereka lalu mengumpukan 40 poin lagi di kuarter akhir dan hanya membiarkan lawannya mencetak 25 poin. Selisih poin yang lebar-lebar itulah yang kemudian membuat mereka memenangkan pertandingan. Apalagi pertahanan Sixers memang tampak rapat sementara serangan-serangan mereka berubah menjadi lebih tajam dan bertubi-tubi. Mereka menyerang dan melepaskan tembakan dari manapun dengan pemain-pemain yang serba bisa. Simmons dan Ilyasova menjadi salah dua contohnya. Keduanya selain bisa menembak dari jarak dekat, jarak jauh, juga piawai mengambil bola-bola pantul hari ini.

Dengan demikian, Sixers pun unggul 1-0 dari Heat di playoff ronde pertama. Pertemuan kedua mereka akan berlangsung lusa.

Foto: USA TODAY Sports

Komentar