IBL

Nike kerap bekerja sama dengan desainer butik sepatu kenamaan dunia. Kolaborasi tersebut seringkali menghasilkan tampilan baru bagi Nike, terkadang dengan sedikit modifikasi unik. Untuk bidang ini, Errolson Hugh adalah ahlinya. Pendiri lini busana sekaligus butik sepatu Acronym ini telah bekerja sama dengan Nike sejak 2013. Hasilnya, tiga sepatu klasik Nike dengan tampilan baru yang unik.

Tahun 2018, keduanya hadir kembali dengan mengusung konsep berbeda.

“Tidak ada sesuatu yang klasik untuk tahun ini, semua tentang masa depan,” ujar Hugh. Ia dan tim mendapat mandat untuk memodifikasi Nike Air VaporMax. Hasilnya, Acronym x Nike Air Vapormax Moc 2 yang dirilis eksklusif di Hari Air Max 2018 (Air Max Day) pada 26 Maret.

“Visinya adalah menjadikan sepatu ini sebagai objek visual. Modifikasinya berada di seputaran itu,” imbuhnya. Memodifikasi Air VaporMax jadi tantangan tersendiri baginya. Sepatu terbaru dari keluarga Air Max tersebut menurutnya sudah memiliki tampilan fisik terbaik di antara sepatu-sepatu lain yang ada di pasaran. Sentuhan pun akhirnya dilakukan dengan menambahkan motif bertema ringan dan cepat.

Motif dengan sensasi Meksiko itu ternyata diambil dari hal terdekat yang ada di Acronym. “Motif yang saya tempatkan di bagian atas sepatu adalah huruf ‘A’ dari Acronym. Kemudian kami memodifikasinya sehingga berbentuk seperti yang ada saat ini. Itu hanya pengulangan huruf ‘A’ tersebut tapi kami buat sebaik mungkin,” cerita Hugh.

Walau terdengar sederhana, motif pengulangan huruf “A” tersebut ternyata telah mengalami beberapa kali percobaan. Hasil yang ada saat ini adalah hasil terbaik yang didapat dari desain motif tersebut. Sayangnya, pendiri Acronym tidak menyebutkan berapa kali percobaan yang dilaluinya sebelum mendapatkan motif final.

Sementara untuk meningkatkan atensi khalayak ramai, Nike dan Acronym menggandeng John Mayer. Penyanyi sekaligus gitaris ini muncul di media promosi cetak seperti poster. Selain poster, Nike juga meluncurkan video pendek dengan Errolson Hugh dan John Mayer sebagai sosok utama. Uniknya, di video ini Errolson memerankan dua tokoh.

Edisi terbatas ini dirilis ke dalam tiga warna apik dengan sebutan yang berbeda-beda. Inilah tampilan ke tiga edisi kolaborasi ini:

Acronym x Nike Air VaporMax Moc 2 “Johnny’s Icy Passage

Acronym x Nike Air VaporMax Moc 2 “The Illusion of Ja

 

Acronym x Nike Air VaporMax Moc 2 “Thirsty Bandit

 

Foto: Nike

Komentar