IBL

Setiap tanggal 26 Maret, Nike melangsungkan hajatan besar bernama Air Max Day. Hajatan ini digelar untuk menghormati salah satu seri yang menurut mereka paling legendaris. Walau telah terkenal sejak pertama kali muncul tahun 1987, hajatan kelas internasional ini baru dihelat pertama kali pada 2014.

Strategi pemasaran ini efektif menaikkan penjualan serta mampu menggaet pangsa pasar lebih luas. Hal ini terbukti dengan seri khusus Nike Air Max untuk Air Max Day selalu habis terjual dalam hitungan jam. Sebut saja Nike Air Max 1 “3.26” yang dirilis pada 2014 dan Nike Air Max 90 Mid yang dirilis untuk Air Max Day 2016 yang hingga kini jadi idola pada kolektor.

Seakan ingin mengulang momen jaya itu, Nike telah membocorkan sepatu yang mereka rilis untuk 26 Maret 2018 mendatang. Tak hanya satu, tapi tujuh seri Air Max. Sepatu-sepatu yang akan dirilis itu tampak berbeda dari Air Max kebanyakan. Ya, mereka mengambil tema ”Hybrid Air Max”. Tahun ini, mereka merilis sepatu yang menggabungkan bagias atas dan sol bawah dari dua Nike Air Max yang berbeda.

Tema tersebut memang kontroversial. Bagi seorang penggemar Nike Air Max garis keras, estetika terbaik ada di siluet orisinil sepatu tersebut. Namun bagi sebagian orang lagi, hal tersebut menarik karena terkait dengan inovasi. Perpaduan semacam ini tergolong unik karena akan memunculkan prototipe Nike Air Max yang baru.

Air Max Day 2018 ini juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan varian baru dari Nike Air Max. Mereka memberi nama seri terbaru ini dengan Nike Air Max 270. Bagian atas terbuat dari nilon rajut (mesh) ditambah dengan plastic piluteran di bagian tumit. Sementara di bagian sol, Nike membuat 4 panel Air Bubble yang disatukan sehingga membentuk siluet sol baru. 

Berikut kedelapan sepatu Nike Air Max yang dirilis sepanjang Januari-Maret untuk meramaikan Air Max Day 2018:

Nike Air Max 1/97 SW (kolaborasi dengan Sean Witherspoon) 

Nike Air Vapormax Plus

Nike WMNS Air Vapormax Plus

Nike Air Vapormax 97

Nike Air Max 93

Nike Air Max 180

Nike Air Max 270

Nike Air Vapormax 2.0

Sumber Foto: Nike

Komentar