IBL

Kiprah Michael Jordan di dalam dan luar lapangan seakan tak ada habisnya bagi Nike untuk jadi senjata merilis Air Jordan dengan warna dan siluet baru. Kegemilangan Michael Jordan memang yang terbesar sepanjang sejarah pemain NBA. Kali ini, Nike bekerja sama dengan minuman energi Gatorade untuk merilis Air Jordan  yang terinspirasi dari salah satu iklan Gatorade. Iklan tersebut ditayangkan pada 1991 dengan tajuk ‘Be Like Mike’. Ditambah lagi, iklan itu adalah iklan Gatorade pertama yang dibintangi oleh Jordan.

Mengambil basis Air Jordan 6 dan Air Jordan 32 Low, Nike dan Gatorade sepakat memilih warna putih dengan aksen hijau dan oranye khas warna Gatorade. Kabarnya, seri ‘Like Mike’ akan dirilis ke dalam empat basis Nike Air Jordan. Namun hingga kini, Nike masih merilis ke publik dua basis saja. Belum dapat dipastikan kapan dua basis tersisa akan dirilis. Ditambah dengan Air Jordan 6 Gatorade Full Suede yang dirilis berbeda dengan seri ‘Like Mike’.

Air Jordan 6 ‘Like Mike’

 

Sekilas, warna yang diambil menyerupai warna retro dari Air Jordan 6 ‘Carmine’. Memang benar. Bahan kulit berwarna putih beraksen nubuck merah dan hitam itu jadi pilihan. Bukan tanpa alasan, di iklan ‘Be Like Mike’ itu Michael Jordan sedang beraksi menggunakan Air Jordan 6 ‘Carmine’ sembari menikmati minuman berenergi berlogo petir itu.

Sejatinya Air Jordan 6 sendiri adalah penyempurnaan dari Air Jordan 5. Perubahan terbesar dilakukan Tinker Hatfield dengan mengganti sol karet Air Jordan 5 dengan yang lebih tebal dan kesat. Hal ini terkait keluhan para pengguna Air Jordan 5 yang kerap terpeleset akibat debu dan kerikil kecil yang menempel pada sol luar. Dari sini, kita bisa menyimpulkan bahwa Air Jordan 6 punya sol karet yang cukup awet digunakan di lapangan luar ruangan. Dengan penggunaan serta perawatan yang tepat tentunya.

Air Jordan 32 Low ‘Like Mike’

Kesan berbeda cukup kentara pada Air Jordan 32 Low. Basis Jordan ini tergolong masih hangat karena pertama kali dirilis kepada publik pada 23 September 2017 dilansir lewat laman Sneakerfiles. Dan tampaknya, Nike ingin menaikkan pamor basis Jordan 32 ini dengan menurutsertakannya pada seri ‘Be Like Mike’.

Tampilan modern sudah terlihat dari bahan atasan yang sudah menggunakan flyknit yang ringan. Bantalan sol dalam dijejali dengan teknologi Flight Speed Cushion. Disempurnakan dengan outsol bening berteknologi Zoom Air menambah kesan bersih. Pilihan tepat bagi Anda penyuka sepatu basket bertema modern dan futuristik.

Bila Anda mengidolakan Air Jordan 2, maka Anda akan menemukan kemiripan siluet dan bentuk pada basis ini. Faktanya, Air Jordan 32 adalah bentuk modernisasi Air Jordan 2 dengan prototip pertama dirakit secara handmade di Italia. Nike telah menyuntik berbagai teknologi mumpuni demi kenyamanan penggunanya namun tak meninggalkan kesan retro akan basis Air Jordan 2 yang legendaris itu.

Detail

Kejutan-kejutan kecil telah dipersiapkan dengan baik oleh Nike. Anda akan mendapati tulisan bordir ‘If I Could Be…’ di ujung lidah dalam berwarna oranye. Tak hanya itu, ‘locklace’ berwarna hijau oranye khas Gatorade. Hingga sol luar bertuliskan ‘Mike’ dengan motif petir Gatorade dan box berornamen ‘Be Like Mike’ akan Anda dapatkan bila memiliki seri ini.

Harga dan Tanggal Rilis

Dirilis pada 19 Desember 2017, Nike telah menetapkan harga retail sebesar US$ 190 untuk Air Jordan 6 dan US$165 untuk Air Jordan 32 Low. Sayangnya, seri ini hanya dirilis terbatas di gerai-gerai pilihan serta Nike + SNKRS official Store. Anda harus siap merogoh kocek lebih dalam lagi bila ingin membawanya ke dalam negeri terutama bila Anda membelinya dari tangan penjual tangan kedua.

Foto: Nike, Sneakernews

Komentar