IBL

Utah Jazz melakoni laga ke-41 mereka dengan melawat ke Capital One Arena, Washington D.C, Amerika Serikat, yang merupakan kandang dari Washinton Wizads. Meski berstatus sebagai tamu, Jazz berhasil memenangi laga yang berlangsung ketat pagi ini, Kamis 11 Januari 2018, dengan kedudukan akhir 104-107.

Jazz gagal turun dengan skuat penuh pada pertandingan pagi ini. Derrick Favors menambah panjang deretan pemain cedera Jazz setelah terkena masalah pada lututnya. Sebelumnya, sudah ada nama Dante Exum dan Rudy Gorbert yang juga harus menepi karena cedera.

Ricky Rubio keluar sebagai top skor tim. Pagi ini ia mencetak 21 poin dan 3 rebound. Torehan apik Rubio juga diikuti center veteran, Ekpe Udoh, yang mampu mencetak 16 poin dan 9 rebound. Veteran lainnya, Joe Johnson, juga tak mau ketinggalan. Ia mencetak 16 poin meski turun dari bangku cadangan. Rookie Donovan Mitchell juga berandil besar dengan torehan 16 poin.

Dari kubu tuan rumah, John Wall bermain apik dengan 35 poin, 10 asis, dan 6 rebound. Bradley Beal membuntuti di belakangnya dengan mencetak 23 poin dan 7 asis. Sayangnya, Marcin Gortat tidak banyak membantu pada pertandingan hari ini. Ia hanya mencetak 8 poin dan 8 rebound.

Salah satu penyebab kekalahan Wizards lebih banyak berasal dari kesalahan sendiri (turnover). Secara keseluruhan ada 23 kesalahan sendiri berbanding 12 dari kubu sang tamu.

Meski berlangsung dengan intensitas sedang yang cenderung lambat, kejar-mengejar angka terjadi di enam menit awal kuarter pertama. Beal membuat Wizards unggul satu poin setelah tusukan yang ia lakukan berbuah poin 12-11 untuk Wizards. Wall lalu membuat Wizards menjauh dengan torehan lima poin dan dua asis yang ia cetak sebelum kuarter pertama berakhir. Wizards unggul 32-25.

Wizards sempat membuat jarak menjadi 43-33 di lima menit kuarter kedua berjalan setelah tembakan jarak menengah Beal menemui sasaran. Akan tetapi, pertahanan yang bagus dari para pemain Jazz membuat Wizards kesulitan mengembangkan permainan mereka. Para pemain Jazz juga memaksa Wizards melakukan kesalahan-kesalahan sendiri yang berhasil dikonversi menjadi poin. Salah satunya oleh Thabo Sefolosha. Jazz berhasil memangkas ketertinggalan mereka menjadi 50-46 sebelum jeda.

Setelah turun minum, momentum menjadi milik tim tamu. Jazz terus mendekatkan selisih angka mereka dengan sumbangan poin dari Udoh dan Johnson. Mitchell bahkan berhasil menyamakan kedudukan melalui dunk saat kuarter tiga menyisakan tiga menit. Jazz berbalik unggul dan menjauh setelah Johnson dan Rubio turut menyumbangkan angka. Jazz unggul 77-83 meski Wall mengakhiri laga dengan layup akrobatik.

Pertandingan berlangsung sangat ketat di kuarter terakhir. memasuki tiga menit terakhir, Wizards berhasil unggul setelah tripoin Kelly Oubre Jr. menemui sasaran. Berselang semenit, Rubio membalas dengan cara yang sama dan membawa Jazz mengambil keunggulan. Jazz kemudian mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan empat kali tembakan bebas. Johnson yang menjadi eksekutor hanya mampu menyelesaikan tiga di antaranya. Usaha terakhir Wizards melalui Beal gagal menyamakan kedudukan setelah ia melakukan kesalahan sendiri saat berupaya melepaskan tembakan. Jazz pun menang 107-104.

Jazz masih akan melakoni satu laga tandang terkahir mereka sebelum kembali ke Utah. Mereka akan melawat ke kandang Charlotte Hornets esok hari. Sementara itu, Wizards masih akan melakoni rangkaian laga kandang mereka dengan menjamu Orlando Magic di hari yang sama.

Foto: hoopshabit.com

Komentar