IBL

Saat  Luka Doncic bermain di Piala Dunia FIBA 2023 bersama Slovenia, kekhawatiran tim Dallas Mavericks adalah cedera paha yang dialami. Topik ini kembali muncul dalam media setelah pertandingan terakhirnya pada Sabtu (9/9) melawan Italia. Ini hanya ada 18 hari sebelum  kamp pelatihan terbuka Dallas Mavericks untuk musim NBA 2023-2024, dan cedera ini menimbulkan kekhawatiran.

Menyusul kekalahan 100-84 Slovenia dari Lithuania sehari sebelumnya, Doncic mengatakan kepada wartawan bahwa pahanya sakit. Tetapi ia memiliki satu pertandingan Piala Dunia FIBA 2023 yang harus dilakukan melawan Italia. "Saya tidak tahu harus berkata apa," kata Doncic. "Tidak apa-apa. Di saat yang sama, saya harus bersiap untuk satu pertandingan lagi, dan kemudian untuk satu musim penuh di NBA."

Doncic telah menderita cedera sejak jeda NBA All-Star 2023. Tetapi, cedera tersebut baru dikonfirmasi pada awal Maret 2023. Pada pertandingan melawan New Orleans Pelicans, Doncic keluar dari pertandingan di kuarter ketiga, lalu menjalani pemeriksaan MRI. Menurut Doncic, cedera itu sudah lama. Awalnya tidak mengganggu, sampai pada akhirnya ada yang aneh saat melompat dan melakukan tembakan. 

"Saat saya mencoba menembak atau melompat, saya merasa kaki ini sedikit lemah,"  kata Doncic, mengenai cedera paha yang dialaminya. "Dari segi rasa sakit, memang sedikit, tapi tidak terlalu buruk." 

Masih harus dilihat apakah cedera Doncic memerlukan perawatan intensif hingga musim kompetisi 2023-2024 berjalan. Merupakan hal yang biasa bagi para pemain, termasuk Doncic, yang berpartisipasi dalam kompetisi internasional selama jeda musim NBA untuk absen dalam kamp pelatihan, atau sekadar hadir di lapangan untuk melakukan latihan ringan. 

Sementara itu, Doncic menegaskan kembali niatnya untuk terus bermain untuk Slovenia selama dia tidak mengalami cedera parah. Peluang berikutnya baginya untuk melakukannya adalah musim panas mendatang ketika Slovenia berkompetisi di kualifikasi Olimpiade. "Saya akan bermain di kompetisi apa pun, bahkan di kualifikasi Olimpiade, asalkan saya sehat," kata Doncic.

Dallas Mavericks membuka musim reguler pada 25 Oktober 2023. Mereka akan berhadapan dengan Antonio Spurs yang punya pemain debutan yang sensaional, yaitu Victor Wembanyama. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar