IBL

NBA mengumumkan starter untuk All-Star 2021. Menariknya, lima dari 10 pemain tersebut berstatus sebagai pemain internasional di liga. Salah satunya adalah Luka Doncic. Namun yang menjadi perdebatan saat ini adalah Doncic mampu mengalahkan Damian Lillard, yang dianggap lebih pantas jadi di Tim LeBron.

Doncic masuk tim inti NBA All-Star 2021 bersama Stephen Curry, Kawhi Leonard, Nikola Jokic, dan tentu saja kapten tim, LeBron James. Faktanya, pemain asal Slovenia tersebut justru unggul dalam perolehan suara penggemar, dari bintang Portland Trail Blazers, Damian Lillard.

"Dia (Luka Doncic) berada di jalur yang bagus sebagai pemain muda. Bisa menjadi wajah baru dari liga, dan pantas masuk sebagai starter All-Star," ucap Rick Carlisle, kepala pelatih Dallas Mavericks, pada hari Kamis setelah selesai latihan.

Kalau melihat hasil pemungutan suara. Doncic berada di urutan kedua untuk voting penggemar, dan peringkat ketiga untuk pilihan media dan pemain NBA. Sementara Lillard, ada di peringkat ketiga dalam voting penggemar, dan peringkat kedua untuk suara media dan pemain NBA. Bahkan hasil ini memicu perdebatan di kalangan pengamat, hingga meramaikan media sosial.

"Kalau kontes popularitas, Luka pasti menang. Tapi pemain yang paling ditakuti lawan saat ini adalah Damian Lillard," komentar Kenny Smith, analis TNT.

Meski ada di tengah perdebatan, namun Doncic sejatinya memang layak mendapatkan kehormatan bersanding dengan LeBron James sebagai starter NBA All-Star 2021. Terlepas dari hasil negatif Mavericks dalam beberapa laga terakhir, Doncic masih dianggap sebagai pemain muda terbaik saat ini. Dia mencetak rata-rata 29,1 poin dan 9,4 assist per pertandingan, degan persentase akurasi tembakan sebesar 47,5 persen, dan 33,5 persen dari tripoin.

Doncic juga jadi salah satu pencetak poin yang subur. Buktinya, dia membuat 118 poin dalam tiga pertandingan terakhir. Sementara bila ditarik ke belakang, Doncic sudah mencetak 186 poin dalam laga terakhir. Itu jadi catatan terbanyak dalam sejarah Mavericks. Bahkan bila dilihat secara detail, Doncic mencetak 40 poin+ sebanyak tiga kali dalam lima laga tersebut. Sedangkan dalam catatan kariernya, Doncic mencetak 40 poin+ sebanyak delapan kali.

Melihat performanya musim ini, Doncic menjadi pendulang poin terbanyak kelima di NBA, ketiga dalam hal assist, dan ke-18 dalam rebound. Dia sudah mencetak tujuh triple-double musim ini, sama seperti Russell Westbrook. Sementara itu, kehadiran Doncic di All-Star akan menarik penonton internasional lebih banyak. Itulah yang membuat Doncic dikatakan lebih baik ketimbang Lillard.

Sebaliknya, kondisi tim Mavericks saat ini juga jadi bahan perdebatan. Meski Doncic punya catatan statistik yang mengagumkan, Dallas Mavericks masih tertahan di peringkat ke-10 di Wilayah Timur dengan rekor 13-15. Sebaliknya, Lillard yang dianggap lebih layak jadi starter All-Star berhasil membawa Portland Trail Blazers menduduki peringkat ke-4 klasemen dengan rekor 18-10, dan meraih enam kemenangan beruntun. (tor)

Foto: Dallas Morning News

Komentar