IBL

Bintang Dallas Mavericks Luka Doncic didenda 35 ribu dolar Amerika oleh NBA. Denda tersebut diturunkan untuk tindakan Doncic pada pertandingan melawan Golden State Warriors, minggu lalu. Dia dianggap melakukan tindakan yang kurang profesional dan tidak pantas. Doncic memberi isyarat bahwa wasit menerima "suap" dari tim lawan. 

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa sempat terjadi kekacauan di laga Mavericks melawan Warriors. Sampai pada akhirnya Mavericks melayangkan protes secara resmi kepada NBA. Protes tersebut sampai sekarang belum ada jawaban. Tapi justru denda untuk Doncic turun lebih dulu. Denda tersebut diturunkan karena pemain asal Slovenia tersebut menggosok jari telunjuk dan jari tengah yang mengisyaratkan bahwa wasit sudah menerima uang dari tim lawan. Tindakan tersebut dianggap sebagai "tidak profesional dan tidak pantas" oleh liga. Karena Doncic melakukan itu hampir sepanjang pertandingan.

Namun di pertandingan ini juga terjadi peristiwa ini sangat jarang terjadi di NBA. Di mana tim Mavericks merasa mereka punya penguasaan bola setelah time-out. Tetapi wasit malah memberikan bola kepada Warriors, dan berakhir dengan poin mudah dari Kevon Looney. Pemilik Mavericks Marc Cuban menyebut ini sebagai "kesalahan non-pelanggaran terburuk dalam sejarah NBA" di Twitter. 

Baca juga: Mavericks Protes Kesalahan Wasit, Warriors Tunggu Keputusan Liga

Kekalahan tipis atas Warriors dengan skor 125-127 sangat merugikan Mavericks. Kekalahan tipis membuat Mavs gagal mengejar Warriors di Wilayah Barat. Mavs saat ini berada di urutan kesembilan di Wilayah Barat, dengan hanya enam tim teratas yang lolos dengan aman ke babak final. Tim peringkat ketujuh hingga kesepuluh di setiap konferensi lolos ke turnamen di mana dua tempat playoff terakhir diberikan. (*)

Foto: Sports Illustrated

Komentar