IBL

Luka Doncic bermain bagus di tim Dallas Mavericks. Tapi musim lalu dia mendapatkan kritik karena badannya terlihat gendut. Hal ini memicu pembicaraan di media seputar masa depannya. Tak ingin terus-terusan jadi bahan gosip, Doncic akhirnya memulai program penurunan berat badan. Ada yang bilang, kalau Doncic kurus, maka tim-tim lawan harus lebih waspada. 

Cerita soal program penurunan berat badan ini disampaikan oleh Anze Macek, ahli kinesiologi yang telah mendampingi Doncic selama dua tahun terakhir. Dalam sebuah wawancara dengan media SportKlub Slovenija, Macek mengungkapkan bahwa Doncic tidak mau membuang-buang waktu selama offseason. Doncic sekarang sudah tiga minggu menjalankan program tersebut. Sehingga hasilnya sudah mulai terlihat. 

"Setelah musim NBA berakhir, dia menghubungi saya dan mengatakan ingin memulai program kebugaran. Doncic dan Goran Dragic berlatih bersama saya selama tiga minggu. Sekarang Doncic sedang mempersiapkan diri untuk tampil bersama timnas Slovenia," kata Macek. 

Menurut Macek, Doncic berupaya untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Tujuannya agar bisa bermain maksimal di EuroBasket 2022, dan juga NBA musim depan. Macek yakin dengan perkembangan saat ini, Doncic bisa mencapai tujuan tersebut. Apalagi sudah ada data penampilan Doncic terkait akan bentuk tubuhnya. 

"Dia (Luka Doncic) terlihat lebih aktif sekarang. Dia mendapatkan bentuk tubuh yang lebih baik. Doncic akan meningkatkan kemampuannya selama pemusatan latihan tim nasional. Ketika tubuhnya lebih bugar, maka Doncic bisa sangat berbahaya bagi lawan-lawannya," imbuh Macek. 

Data di atas menunjukkan bahwa Luka Doncic tetap stabil meski berat badannya 104 kilogram di musim 2021-22. Dalam empat musim pertamanya di NBA, Doncic tiga kali terpilih All-Star dan 3 kali First Team. Namun bila dicermati, dia punya penampilan yang luar biasa di musim 2019-2020. Karena saat itu dia berada dalam kondisi tubuh yang ideal. 

Memulai musim 2021-2022, ada yang berbeda dengan Luka Doncic. Badannya sedikit gemuk, kulitnya pucat, sementara wajah dan tubuhnya sangat merah setiap kali berlalu. Karena pada offseason musim sebelumnya, banyak ditemukan foto Doncic berlibur dan bersantai dari pada berlatih di pusat kebugaran seperti pemain-pemain NBA lainnya. Dari sini Doncic sadar kalau hal tersebut salah dan tidak boleh dilakukan lagi. Doncic ingin bisa melompat lagi dengan mudah seperti dua musim sebelumnya. 

Kabar baiknya adalah kita akan segera melihat perubahan Doncic. Karena dia sekarang sedang masuk pemusatan latihan timnas Slovenia, guna mengikuti EuroBasket 2022 di awal bulan September. Slovenia akan bermain melawan Lithuania di pertandingan pertama. Doncic akan berhadapan dengan dua bintang Lithuana, yaitu Domantas Sabonis dan Jonas Valanciunas. (*)

 

Komentar