IBL

Luka Doncic menyelesaikan tugasnya di Piala Dunia FIBA 2023. Dengan waktu jeda musim dihabiskan dengan timnas Slovenia, ada kekhawatiran tentang cedera paha yang Luka alami sejak musim lalu. Pelatih Dallas Mavericks mengatakan Luka siap mengawali musim 2023-2024. Tapi mungkin tidak dalam kondisi sempurna.

“Mudah-mudahan, seiring dengan perkembangan di sini, Luka akan siap untuk tampil. Saya kadang berasumsi dalam karier, kami tidak berada dalam kondisi 100 persen. Mungkin 99-95 persen. Semakin banyak gim yang dimainkan, semakin panjang karier, tidak ada yang benar bisa 100 persen,” kata Kidd dalam wawancara dengan Marc Stein.

Setelah Slovenia kalah 84-100 dari Lithuania di Piala Dunia FIBA 2023 lalu, Luka mengungkapkan kekhawatiran tentang cedera pahanya. Luka menyebut bahwa kondisinya sedang tidak baik-baik saja.

Meski begitu, Luka tetap bermain selama 37 menit dengan 29 poin dan 6 rebound. Kemudian bermain selama 38 menit saat melawan Italia dengan mencetak 29 poin, 10 rebound, dan 8 asis.

Maverick sendiri akan memulai kamp pelatihan pada 27 September mendatang. Mereka dijadwalkan lada pramusim di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 5 dnn 7 Oktober melawan Minnesota Timberwolves. Kemudian laga pramusim melawan Detroit Pistons pada 21 Oktober. Setelah itu membuka musim dengan San Antonios Spurs pada 26 Oktober 2023.

Melihat roster Mavs untuk musim ini, Kidd mengungkapkan tidak akan hanya bergantung pada Luka saja dan memberikan lebih dari 40 menit per gim.

“Dengan kedalaman skuad yang kami miliki, saya pikir Nico (Harrison) melakukan pekerjaan luar biasa di musim panas ini. Tapi saya senang dengan Luka dan Kyrie Irving, dan Luka siap untuk mencapai tujuannya yaitu memenangkan kejuaraan,” tuturnya.

Pada NBA musim 2022-2023, Luka bermain dalam 66 gim dengan rata-rata 36 menit bermain. Peraih empat kali All-Star itu mencatat 32,4 poin, 8,6 rebound, 8,0 asis per gim dengan akurasi 49,6 persen.

Sayangnya, Mavericks juga memiliki waktu libur lebih lama. Mereka tidak lolos playoff. Mavericks hanya mencatat rekor menang-kalah 38-44 di peringkat 11 klasemen Wilayah Barat. Ini menjadi pertama kalinya Maverick gagal lolos playoff dalam empat musim terakhir. (rag)

Foto: Dallas Morning News

Komentar