IBL

Tanpa Luka Doncic, Dallas Mavericks kocar-kacir. Inilah kenyataan pahit yang harus diterima Jason Kidd sebagai kepala pelatih. Tetapi dirinya tidak bisa berharap Doncic selalu dalam kondisi prima sepanjang musim. Setelah kalah 115-144 dari Chicago Bulls, Minggu, 11 Desember 2022, pelatih Kidd sadar bahwa dirinya harus punya strategi berbeda. Dia bakal menghemat tenaga Doncic. 

Dikutip dari media mundodeportivo.com, ada dua masalah yang menimpa Mavericks saat ini, yang berakibat fatal bila dibiarkan. Pertama, Luka Doncic tidaka bisa bermain lantaran cedera pada paha kanan bagian depan. Satu-satunya alasan paling logis bahwa cedera tersebut dialami oleh pemain yang kelelahan. Lalu masalah kedua adalah Mavericks tidak memiliki cara untuk mengatasi kesulitan pertama. 

Tanpa bintang asal Slovenia tersebut, tim asuhan Jason Kidd memiliki 8 kemenangan dan 9 kekalahan musim lalu. Tahun ini, saat Doncic absen, Mavs mengalami dua kealahan menyakitkan di rumah sendiri. "Tidak mungkin bagi Doncic untuk mempertahankan 82 pertandingan di level ini, kami sudah mengharapkan terlalu banyak darinya," kata pelatih Mavericks. 

Memang, masalah terbesar bagi Mavericks ditemukan pada mereka sendiri. Bulls membobol ring Mavs dengan memasukkan 144 poin, 28 di antaranya dari DeMar DeRozan dengan akurasi tembakan 9 dari 13 percobaan. Selain itu, DeRozan menambahkan 9 rebound dan 9 asis. Bulls sangat menikmati permainannya saat berhadapan dengan Mavs. Mereka mencetak akurasi tembakan 63 persen, lalu 55 persen tripoin. 

Sementara itu, Kemba Walker, solusi yang dimaksudkan untuk ketidakhadiran Doncic sudah melakukan debutnya. Setidaknya, Walkervtidak tampil buruk, mengingat dia tidak bermain sejak bulan Februari 2022. Walker mencetak 8 poin, 8 asis, 4 rebound, dan 1 turnover dalam 19 menit. Sayangnya Walker belum mendapatkan kepercayaan dari Manajer Mavericks, Nico Harrison. 

"Saya tidak berpikir ada harapan, sungguh. Pertama, saya berharap tubuhnya prima. Jika demikian maka kehadian pemain veteran akan sangat membantu," kata Harrison setelah menandatangani kontrak Walker. (*)

Foto: Sports Talk

Komentar