IBL

Giannis Antetokounmpo telah membuat keputusan. Pemain Milwaukee Bucks itu tidak akan tampil bersama timnas Yunani di FIBA World Cup 2023. Giannis menyampaikan pengumuman tersebut secara langsung melalui akun media sosialnya pada Jumat (11/8) waktu setempat.

“Semua orang tahu kesetiaan saya pada tim nasional dan tidak akan pernah berubah. Sejak musim terakhir saya di NBA, saya telah memaksa tubuh saya mencapai batas untuk membantu tim kami mencapai tujuan,” kata MVP NBA dua kali tersebut.

“Tetapi setelah beberapa bulan pertemuan dengan staf medis dipastikan saya tidak siap untuk bermain pada level yang dibutuhkan untuk World Cup. Ini bukan keputusan dari beberapa pilihan tapi ini satu-satunya pilihan,” lanjut Giannis.

Lebih lanjut Giannis mengaku merasa kecewa tidak bisa berseragam timnas Yunani. Dalam pernyataan itu Giannis memang tidak menjelaskan secara rinci penyebab ia absen. Ia hanya menyatakan kondisi medisnya tidak siap.

Pada awal Mei lalu Giannis diketahui menjalani operasi lutut kiri di New York. Selama tiga bulan pemulihan, timnas Yunani masih berharap Giannis bisa tampil di Filipina pada 25 Agustus mendatang. Tetapi harapan tersebut sirna setelah keputusan tersebut dibuat.

Meski tidak bisa berangkat ke FIBA World Cup 2023, Giannis berjanji akan memperkuat Yunani di ajang yang lain. Mereka menargetkan untuk lolos Olimpiade Paris 2024.

“Saya akan terus mendorong diri saya untuk siap pada waktu berikutnya saat dipanggil nanti. Tujuan utama kami adalah lolos ke Olimpiade 2024. Bisa mewakili timnas Yunani adalah suatu kehormatan,” kata pemain berusia 28 tahun itu.

Giannis terakhir kali tampil bersama timnas Yunani pada EuroBasket 2022 lalu. Ia menjadi top skor dengan 29,3 poin per gim. Sayangnya, perjalanan Yunani kandas ditangan Jerman di babak perempat final. Ia juga sempat tampil dalam satu gim di European Qualifiers pada Agustus 2022 saat melawan Belgia.

Dalam FIBA World Cup 2023 Yunani tergabung dalam grup C bersama Amerika Serikat, Yordania, dan Selandia Baru. Mereka akan berlaga di Manila, Filipina. (rag)

Foto: FIBA

Komentar