IBL

Jeda pergantian musim merupakan waktu bagi para pemain NBA untuk pemulihan atau menangani cedera. Termasuk Giannis Antetokounmpo yang baru menjalani operasi pada lutut kirinya.

Bintang Milwaukee Bucks itu mengalami ketidaknyamanan pada lututnya sepanjang musim. Giannis memutuskan untuk operasi di New York. Ia menjalani prosedur artroskopi sekitar dua pekan lalu. Itu adalah prosedur bedah minor untuk membersihkan tulang rawan yang lepas di lutut kirinya.

Setelah operasi berjalan lancar, Giannis kembali ke rumahnya di Yunani. Ia diperkirakan bisa mengikuti pemusatan latihan Bucks pada September mendatang. Hal itu diungkapkan oleh pelatih Bucks Adrian Griffin pada Rabu (5/7) waktu setempat.

“Dia menjalani operasi pada lutut kirinya dan operasi itu berjalan dengan baik. Semuanya berjalan sesuai rencana. Kami mengharapkan dia kembali dan siap untuk mengikuti pemusatan latihan,” kata Griffin dilansir melalui ESPN.

Kondisi itu membuat keikutsertaan Giannis di FIBA World Cup 2023 diragukan. Event tersebut akan berlangsung pada 25 Agustus-10 September mendatang. Perjalanan Yunani di event tersebut cukup berat.

“Dalam hal timnas, kami juga bekerja sama dengan federasi yang bersangkutan. Belum ada keputusan apakah Giannis akan bersama timnas Yunani pada musim panas ini,” bunyi pernyataan resmi dari manajer umum Bucks Jon Horst.

Yunani berada di grup C bersama Amerika Serikat, Jordania, dan Selandia Baru. Jika lolos ke babak kedua, Yunani bisa bertemu dengan Lithuania atau Montenegro. Semua gim tersebut dimainkan di Filipina.

Giannis menjadi pemain andalan Yunani. Saat jeda pergantian musim, Giannis selalu berpartisipasi mengikuti event timnas. Giannis mengikuti EuroBasket 2022 dan menjadi top skor dengan 29,3 poin per gim. Ia juga tampil di FIBA World Cup 2019.

Pada musim lalu Giannis memang menghadapi serangkaian cedera. MVP NBA dua kali itu absen tiga dari empat gim pada November. Ia juga melewatkan lima pertandingan beruntun pada Januari karena kondisi yang sama. Pemain berusia 28 tahun itu masih memainkan 63 gim dengan Bucks di musim reguler. (rag)

Foto: Sporting News

Komentar