IBL

Pemain-pemain Eropa di NBA memegang peranan penting, bukan hanya untuk kepentingan tim, tapi juga untuk liga secara keseluruhan. Kehadiran Giannis Antetokounmpo, Luka Doncic, dan Nikola Jokic sudah mendorong pertumbuhan penonton di benua Eropa.

Seperti dilaporkan Rory Carroll dari Reuters, penonton Eropa tumbuh 15 persen dibandingkan tahun lalu. Ini bisa dilihat dari langganan NBA League Pass secara internasional. Ada sekitar 200 negara yang menggunakan layanan tersebut setiap hari. Sedangkan di Eropa sendiri, NBA bekerja sama dengan platform smart-TV Vidaa, yang juga mampu mendorong pertumbuhan penonton.

Ketertarikan penonton Eropa menyaksikan pertandingan NBA karena ingin melihat aksi Giannis Antetokounmpo (Yunani), pemain muda asal Slovenia, Luka Doncic, dan melihat keperkasaan Nikola Jokic dari Serbia yang sedang panas. Jokic sudah membuat penonton NBA di Serbia naik 200 persen tahun ini. Sementara selain di negaranya sendiri, NBA mencatat pertumbuhan yang bagus di Inggris (naik 72 persen), Italia (naik 32 persen), dan Spanyol (naik 17 persen).

Matt Brabants selaku wakil presiden senior distribusi media dan konten Global NBA mengatakan liga kini tidak hanya mementingkan pemain-pemain Amerika Serikat saja. Banyak yang harus diperhatikan, seperti pasar Eropa dan Asia.

"Kami sangat senang dengan pertumbuhan penonton Eropa," katanya. "Tahun lalu, kami mulai merasakan pertumbuhan itu. Tapi kemudian, naik signifikan tahun ini. Saya rasa, itu karena pemain-pemain Eropa juga tampil luar biasa di liga."

Pertumbuhan penonton Eropa ini menjadi pelipur lara NBA. Sebab, musim lalu, NBA kehilangan penonton dari Tiongkok setelah pemerintah melarang penayangan pertandingan di CCTV. Pasalnya, pemeritah Tiongkok tersingung dengan komentar Daryl Morey yang saat itu masih menjabat sebagai manajer Houston Rockets yang mendukung demontran Hong Kong pada Oktober 2019.

Sementara itu, Brabants juga melihat potensi yang bagus untuk Olimpiade 2021 mendatang. Kalau penonton antusias menyaksikan pemain-pemain tersebut tampil di NBA, maka mereka akan lebih penasaran untuk melihat performa mereka saat membela timnas negaranya masing-masing. Oleh karenanya, NBA juga meminta FIBA segera menyiapkan langkah-langkah untuk menangkap pertumbuhan penonton ini. Seperti menyediakan kualitas tayangan yang lebih baik. (tor)

Foto: Barstool Sports

Komentar