IBL

Karl-Anthony Towns (KAT) sudah sangat rindu menggunakan jersey tim nasional (timnas) Republik Dominika. Pemain Minnesota Timberwolves itu menegaskan akan tampil di FIBA World Cup 2023 yang berlangsung mulai 25 Agustus ini.

KAT masuk dalam 30 roster yang dipanggil Republik Dominika. Ia terakhir kali memperkuat Republik Dominika pada FIBA AmericaCup 2013 lalu. Kala itu KAT masih berusia 17 tahun. Setelah satu dekade berlalu, KAT akan tampil di agenda internasional lagi.

Baca juga: Republik Dominika Panggil 30 Pemain, Termasuk KAT, Al Horford, hingga Francis

Dalam postingan video di media sosialnya, KAT menulis bahwa ia bangga bisa kembali ke timnas. “Apa kabar? Saya memiliki berita besar. Saya sangat bangga mengatakan bahwa saya akan mewakili Republik Dominika lagi. Ini bukan sekedar pertandingan, mewakili tanah air ibu saya, negara saya, dan Republik Dominika.”

“Saya tidak sabar untuk mengenakan jersey itu lagi dan bermain di FIBA World Cup 2023 yang luar biasa. Sampai jumpa di lapangan. Sampai jumpa di Filipina,” ujar pemain berusia 27 tahun itu.

KAT lahir di New Jersey, Amerika Serikat pada 15 November 1995. Ia memiliki ayah dari AS dan ibu dari Republik Dominika. KAT akhirnya memilih mewakili timnas Republik Dominika daripada timnas AS saat berusia 16 tahun.

Tidak hanya KAT. Republik Dominika juga memasukkan Al Horford (Boston Celtics), Chris Duarte (Sacramento Kings), hingga Lester Quinones (Golden State Warriors). Juga ada pemain Prawira Harum Bandung Brandone Francis. Nantinya akan ada seleksi lagi hingga mendapatkan roster final sebanyak 12 pemain.

Republik Dominika tergabung dalam grup A. Mereka akan bersaing dengan Angola, Italia, dan tuan rumah Filipina. Pada pertandingan pertama nanti, Republik Dominika akan langsung berjumpa dengan Filipina di Araneta Coliseum.

Dengan deretan pemain-pemain tersebut, Republik Dominika membidik kesempatan untuk lolos ke perempat final. Jika bisa masuk dua teratas grup A nanti, pada babak selanjutnya akan bertemu dengan dua wakil dari grup B. Adapun grup B berisi Serbia, Sudan Selatan. Cina, dan Puerto Rico.

“Kami punya Lester Quinones yang baru menekan kontrak dua arah dengan Warriors. Ada Chris Duarte yang ditukar ke Sacramento dari Indiana. Kami punya Karl-Anthony Towns. Angel Delgado yang pernah bermain untuk Clippers. Lalu beberapa pemain papan atas di Eropa dan kami ranking 12 dunia. Saya pikir kami tetap ada peluang,” ujar Francis beberapa waktu yang lalu. (rag)

Foto: NBA, FIBA

Komentar