IBL

Kehadiran Karl-Anthony Towns membuat Republik Dominika semakin mengerikan. Di gim kedua babak Grup A, Towns membantu Republik Dominika menang 87-82 atas Italia, Minggu (27/8). Hasil ini membuat Republik Dominika menyapu bersih dua laga pertamanya di babak grup, hal yang sama seperti mereka lakukan pada 2019.

Towns menjadi pendulang angka terbanyak dengan dobel-dobel 24 poin, 11 rebound, dan 5 asis. Towns adalah pemain kedua dalam sejarah Piala Dunia FIBA yang memulai dua laga debutnya dengan 20+ poin dan 10+ rebound setelah Andray Blatche untuk Filipina.

Meski menang, gim berjalan menarik. Italia sempat unggul 12-0 di awal laga. Italia pun mempertahankan keunggulan mereka dengan baik hingga kuarter pertama. Akan tetapi, Republik Dominika bangkit di kuarter dua. Mereka menemukan tembakan-tembakan terbuka dan berhasil memasukkannya dalam akurasi yang cukup tinggi. 

Bersama Towns, Andres Feliz juga menyumbangkan 24 poin ditambah 5 rebound plus 5 asis. Feliz sangat tajam dengan memasukkan 7/10 tripon. Jean Montero jadi fasilitator utama tim dengan 12 poin, 6 rebound, dan 9 asis. Republik Dominik secara keseluruhan memasukkan 16/49 tripoin (41 persen).

"Saya cukup senang dengan performa yang bisa saya berikan untuk tim saya hari ini," tutur Feliz usai gim. "Kami tidak memulai laga dengan baik, namun kami berhasil kemudian bertahan dengan solid dan mempertahankan energi kami. Pertahanan kami yang membuat kami berhasil bangkit dan mengambil kemenangan di gim ini."

Italia dipimpin oleh Marco Spissu dengan 17 poin, 5 rebound, dan 4 asis. Simone Fontecchio menambahkan 13 poin. Giampaolo Ricci 12 poin 6 rebound, sedangkan Achille Polonara 10 poin. 

"Kita sejatinya memulai laga dengan cukup bagus. Bahkan, saya rasa kami berhasil mengontrol awal laga dengan baik. Namun, sebelum jeda, mereka berhasil menemukan akurasi mereka. Sebaliknya, kami justru tidak bisa memasukkan bola yang seharusnya masuk," terang kapten Italia, Luigi Datome. "Selamat untuk Republik Dominika dan tidak ada lagi yang bisa saya ucapkan untuk Italia selain fokus di gim selanjutnya."

Hasil ini membuat satu kaki Republik Dominika sudah ada di ronde kedua. Mereka akan jumpa Angola di gim selanjutnya, lusa. Italia kini memiliki rekor (1-1) dan akan melawan tuan rumah Filipina di hari yang sama. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar