IBL

Duel negara Kepulauan Karibia tersaji di Grup I, Jumat (1/9). Diwarnai duel ketat sepanjang laga, Puerto Riko akhirnya menang 102-97 atas Republik Dominika. Kemenangan ini Puerto Riko dapatkan setelah 10 kali pergantian keunggulan dan 4 kali situasi imbang. 

Dua bintang masing-masing tim menaruh beban tim ke pundak mereka. Dari pihak pemenang, Tremont Waters mencetak dobel-dobel 37 poin, 7 rebound, 11 asis, dan 4 steal. Tremont memasukkan 11/22 tembakan, termasuk 7/13 tripoin, dan 8/8 tembakan gratis. 

"Ini tentu gim yang bagus untuk kami, kemenangan yang penting di rivalitas kedua tim," terang John Holland, yang menyumbang 6 poin selama 21 menit bermain. "Saya sangat bangga kepada tim ini. Atas perjalanan panjang kami mempersiapkan diri sampai di titik ini. Namun, pekerjaan belum berakhir, kami masih punya satu gim lagi yang harus dimenangkan," tutupnya. 

Tremont memiliki bantuan empat pemain yang mencetak dua digit angka. George Conditt 18 poin dan 7 rebound. Jordan Howard 11 poin plus 5 asis. Christopher Ortiz dan Isaiah Piniero masing-masing membukukan 10 poin. 

Untuk Republik Dominika, ada Karl-Anthony Towns juga dengan dobel-dobel 39 poin plus 10 rebound. KAT memasukkan 13/27 tembakan dan juga seperti Tremont, sempurna dari tembakan gratis (9/9). 

Tiga pemain coba membantu KAT dengan mencetak dua digit poin. Andres Feliz jadi yang paling produktif dengan 22 poin, 5 rebound, dan 8 asis. Lester Quinones menambahkan 13 poin, sementara Jean Montero 12 poin plus 5 asis. 

"Pertama, kredit untuk Puerto Riko atas kemenangan mereka," buka Andres Feliz. "Untuk kami, ini adalah gim yang buruk di dua sisi permainan, menyerang maupun bertahan. Kami akan segera melupakan gim ini, percaya pada diri kami, dan fokus untuk memenangkan gim selanjutnya, lusa".

Kemenangan ini membuat situasi Grup I semakin panas. Kini semua tim memilik rekor (3-1). Untuk sekarang, Serbia ada di peringkat teratas diikuti Republik Dominika, Italia, dan Puerto Riko. Perbedaan berdasarkan selisih poin memasukkan-kemasukkan. Di gim terakhir lusa, gim penentuan, Serbia akan melawan Republik Dominika sedangkan Italia jumpa Puerto Riko. 

Ini adalah ronde kedua. Dua tim teratas dari ronde pertama lolos ke sini dan bergabung dengan dua tim teratas dari grup sebelahnya dalam satu grup baru. Masing-masing tim bermain dua kali di grup ini (melawan tim dari grup sebelahnya saja). Nantinya, dua tim teratas akan lolos ke perempat final. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar