IBL

Serbia menemani Italia untuk lolos ke perempat final dari Grup I, Minggu (3/9). Satu tiket tersisa itu didapatkan Serbia setelah mengalahkan dengan telak Republik Dominika 112-79. 

Serupa dengan Puerto Riko, Republik Dominika tampak kehabisan tenaga di gim ini. Energi keduanya tampak terkuras habis saat berduel dua hari lalu. Sebaliknya, Serbia datang dengan semangat tinggi untuk memastikan diri ke perempat final. Hasilnya, Serbia selalu dalam posisi unggul selepas tepis mula. 

"Kami memainkan permainan dengan baik sejak awal sampai akhir," buka Vanja Marinkovic usai gim. "Kami menemukan ritme kami sejak awal dan terus konsisten menjaga permainan dan keunggulan kami. Kami juga terus memberikan tekanan kepada para pemain terbaik mereka dan ini adalah kemenangan penting untuk kami," tandasnya. 

Enam pemain Serbia mencetak dua digit poin. Secara keseluruhan, tim ini memasukkan 65 persen (43/66) tembakan mereka! Bogdan Bogdanovic memimpim tim sebagai top skor dengan 20 poin dan 5 asis. Ia sempurna secara akurasi dengan 7/7 (termasuk 3/3 tripoin). 

Vanja Marinkovic dan Nikola Milutinov masing-masing 16 poin. FIlip Petrusev 14 poin, Stefan Jovic 12 poin, 6 rebound, dan 7 asis, sementara Marko Guduric 10 poin. 

Untuk Republik Dominika, pendulang poin terbanyak masih seorang Karl-Anthony Towns. Bermain 35 menit, KAT mencetak 25 poin dan 7 rebound. Jean Montero menambahkan 15 poin. Rigoberto Mendoza 14 poin sementara Lester Quinones 11 poin. 

"Saya ingin memulai semuanya dengan terima kasih kepada pelatih kami," buka Lester Quinones usai gim. "Ia pelatih yang penuh dengan hasrat, membuat tim ini menjadi tim yang solid dan tangguh, mengajarkan kami bagaimana permainan basket seharusnya dimainkan."

"Saya juga ingin berterimakasih untuk semuanya. Momen yang luar biasa di Manila. Kami jelas menempatkan Republik Dominika di peta persaingan basket dunia dengan performa kami di sini. Kami tidak sabar menyambut turnamen-turnamen di depan untuk kami!", pungaksnya. 

Karena Italia memenangkan duel melawan Serbia, Italia berhak menjadi juara Grup I. Serbia finis sebagai runner-up sedangkan Puerto Riko di peringkat tiga dan Republik Dominika di urutan keempat. 

Ini adalah ronde kedua. Dua tim teratas dari ronde pertama lolos ke sini dan bergabung dengan dua tim teratas dari grup sebelahnya dalam satu grup baru. Masing-masing tim bermain dua kali di grup ini (melawan tim dari grup sebelahnya saja). Nantinya, dua tim teratas akan lolos ke perempat final. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar