IBL

Serbia jatuhkan Lithuania! Serbia memastikan tiket ke semifinal setelah mengalahkan Lithuania dengan skor telak 87-68, Selasa, (5/9). Semifinal ini akan jadi semifinal ketiga Serbia sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Dunia FIBA, Sebelumnyam mereka melaju ke semifinal di edisi 2010 dan 2014. 

Setelah bermain cukup berimbang di kuarter pembuka, Serbia mematikan Lithuania di 30 menit selanjutnya. Lithuania yang mencetak 25 poin di kuarter pertama hanya mampu mencetak 43 poin di 30 menit terakhir. 

Lithuania yang di lima laga sebelumnya tak terkalahkan dan menembak 53,8 persen, hari ini hanya memasukkan 43 persen. Pertahanan Serbia melalui permainan fisikal mereka benar-benar mematikan Lithuania yang hanya mencetak 28 poin di paint area. 

Bogdan Bogdanovic masih terus tajam. Bermain 27 menit, Bogi mencetak 21 poin dan 4 rebound dari 9/13 tembakan. Filip Petrusev menyusul dengan 17 poin dan 6 rebound. Filip adalah pemain Serbia pertamanya yang mencetak 15+ poin dan 5+ rebound dari bangku cadangan di Piala Dunia FIBA 2023 ini. Filip juga hanya meleset satu kali dari delapan percobaan. Stefan Jovic melengkapi daftar dengan 11 poin plus 5 asis. 

"Tentu ini adalah kemenangan yang penting untuk kami. Sudah lama kami tidak menyentuh semifinal dan akhirnya kami kembali ke sana," buka Bogi dalam jumpa pers. "Jujur saja, saya cukup gugup di gim hari ini. Saya punya pengalaman sering kalah melawan Lithuania di gim-gim kelompok umur saya dulu. Oleh karena itu, bisa meraih kemenangan dengan baik seperti ini menjadi pencapaian yang bagus," tambahnya. 

Pelatih Serbia, Svetislav Pesic, di kesempatan yang sama menitikberatkan kepada pertahanan timnya yang luar biasa. " Lithuania adalah tim yang kuat dalam rebound dan akurat di tripoin. Hari ini kami mematikan kedua hal itu. Kami bermain lebih agresif dan lebih fisikal untuk melawan mereka. Fokus kami untuk mematikan Jonas Valanciunas juga cukup berhasil".

Jonas sejatinya masih tampil efektif dengan 4/5 tembakan untuk 11 poin dan 4 rebound. Namun, fakta ia hanya melepaskan 4 tembakan dan hanya mendapatkan 4 rebound menunjukkan betapa tak berkutiknya Jonas. Top skor Lithuania adalah Tadas Sedekerskis dengan 14 poin dan 9 rebound. Rokas Jokubaitis menambahkan 13 poin dan 9 asis. Ini adalah asis terbanyak untuk pemain Lithuania sepanjang sejarah Piala Dunia FIBA 2023. Ignas Brazdeikis menutup daftar dengan 11 poin. 

"Kami datang ke gim ini berusaha melupakan kemenangan atas Amerika Serikat," buka Tadas Sedekerskis di jumpa pers. "Kami tahu Serbia adalah tim yang bagus, mereka punya segalanya dan Bogdan Bogdanovic di sana. Kini kemenangan atas Amerika Serikat sudah tidak ada artinya karena kami tidak bisa bertarung untuk mendapatkan medali," tutupnya. 

Serbia akan menghadapi pemenang antara Kanada melawan Slovenia. Lithuania tidak langsung berakhir begitu saja. Mereka akan menjalani laga klasifikasi peringkat akhir, lusa. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar