IBL

Lithuania memastikan langkah mereka ke perempat final. Kepastian ini didapatkan setelah mereka menang 92-67 atas Yunani, Jumat (1/9). 

Kemenangan ini jadi kemenangan keempat Lithuania dari empat gim. Bersama Amerika Serikat, keduanya menyapu bersih semua laga dan otomatis ke perempat final. 

Yunani sejatinya tak sepenuhnya dalam dominasi Lithuania. Sampai di kuarter tiga, mereka masih sempat menyamakan kedudukan. Sayangnya, dalam 14 menit terakhir, Lithuania melaju (38-13) dan membuat gim sepenuhnya di tangan Lithuania. 

Dua top skor Lithuania di gim sebelumnya masih memimpim tim. Rokas Jokubaitis mencetak 19 poin dan 6 asis dari 6/8 tembakan. Jonas Valanciunas membantu dengan 15 poin dan 9 rebound. Ignas Brazdeikis jadi top skor kedua Lithuania dengan 18 poin. Ia sempurna hari ini dengan 7/7 tembakan. Eimantas Bendzius melengkapi daftar dengan 15 poin. 

"Di paruh pertama kami memulai laga terlalu lambat," buka Ignas Brazdeikis. "Kami tidak tampil agresif selayaknya kami bermain biasanya, utamanya dalam bertahan. Lalu di paruh kedua, kami tahu apa yang kami inginkan di sini dan kami memperbaiki permainan kami. Kami bertarung dengan keras demi meraih kemenangan ini".

Perlawanan Yunani dipimpin oleh Thomas Walkup dengan 21 poin, 8 rebound, dan 7 asis. Bantuan untuknya hanya datang dari Giannoulis Larentzakis dengan 17 poin. 

"Saya ucapkan selamat untuk Lithuania, saya juga mendoakan yang terbaik untuk mereka," buka Dimitrios Itoudis, kepala pelatih Yunani. "Kami memulai laga sejatinya masih cukup bagus. Tidak sejak menit awal, tapi masih bisa unggul atas mereka. Sayangnya, momentum berubah di kuarter tiga dan kami tidak bisa mendapatkan momentum itu kembali," imbuhnya. 

Di laga terkakhir, lusa, Lithuania akan menjalani gim penentuan juara grup melawan Amerika Serikat. Yunani dan Montenegro akan bertanding untuk peringkat akhir mereka. 

Ini adalah ronde kedua. Dua tim teratas dari ronde pertama lolos ke sini dan bergabung dengan dua tim teratas dari grup sebelahnya dalam satu grup baru. Masing-masing tim bermain dua kali di grup ini (melawan tim dari grup sebelahnya saja). Nantinya, dua tim teratas akan lolos ke perempat final. (DRMK)

Foto: FIBA

 

Komentar