IBL

Lituania membungkam Slovenia 100-84 di pertandingan klasifikasi peringkat 5-8, Kamis (7/9). Tidak ada perlawanan berarti dari Slovenia di gim ini. Pertahanan keras nan fisikal dari Lituania cukup untuk mematikan permainan monoton Slovenia yang terus berpusat pada Luka Doncic. 

Luka memang masih mencetak 29 poin dan 6 rebound, namun ia menghasilkan poin itu dari 7/21 tembakan (33 persen). Lituania juga berhasil mematikan rekan-rekan Luka. Terbukti dari hanya ada dua asis yang Luka bukukan sepanjang gim. Slovenia secara keseluruhan tim hanya membuat 12 asis sepanjang gim dan hanya memasukkan 38 persen tembakan mereka (23/60).

Lituania sendiri dipimpin oleh Jonas Valanciunas dengan dobel-dobel 24 poin dan 12 rebound. Jonas mematikan dengan 8/15 tembakan dan sempurna 8/8 dari tembakan gratis. Ignas Bradzekis menyusul dengan 15 poin. Mindaugas Kuzminkas membukukan 14 poin dengan akurasi sempurna (5/5), termasuk 4/4 tripoin. Deividas Sirvydis melengkapi juga dengan 14 poin. Lituania total memasukkan 14/25 tripoin (56 persen). 

"Luka adalah pemain yang hebat, tidak mungkin kita bisa menghentikannya secara total," terang Giedrius Zibenas, asisten pelatih Lituania. "Kami membuatnya menjadi pencetak angka seorang diri dan coba mematikan rekan-rekan lainnya. Fokus kami membuat ia bermain sesulit mungkin. Untuk serangan, kami tidak khawatir sama sekali," imbuhnya. 

"Sayangnya kami kalah dari Serbia di gim sebelumnya. Menurut saya, permasalahan di gim itu adalah kemenangan atas Amerika Serikat sebelumnya. Saat melawan Amerika Serikat, kami bermain lepas, tanpa pertahanan ketat, serang balas menyerang. Mentalitas itu sayangnya terbawa melawan Serbia di mana kami seharusnya fisikal dan keras," tutupnya. 

Selain Luka Doncic, ada tiga pemain Slovenia lain yang mencetak dua digit poin. Aleksej Nikolic 14 poin. Mike Tobey 13 poin dan 9 rebound, sedangkan Zoran Dragic 12 poin yang seluruhnya datang dari tripoin (4/9). Catatan buruk Slovenia hari ini adalah 14 turnover dan 37 persen (15/40) tripoin. 

Hasil ini membuat Lituania akan menjalani duel sesama negara Baltik melawan Latvia di perebutan peringkat lima. Slovenia akan beradu dengan Italia untuk perebutan peringkat tujuh. Seluruh laga akan digelar lusa. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar