IBL

Lithuania jatuhkan Amerika Serikat! Di laga terakhir Grup J, Minggu (3/9), Lithuania tampil sempurna dari awal sampai akhir untuk menang dengan skor akhir 110-104. 

Lithuania hanya sempat tertinggal di skor (2-0) dan (4-2) di awal laga. Sisanya, mereka selalu berada di depan Amerika Serikat. Laju (31-12) Lithuania di kuarter pertama membuat gim ini sepenuhnya menjadi milik mereka. 

"Ini gim yang sulit sejak awal. Ini kemenangan yang besar untuk negara kami, pemain, dan pelatih," buka Vaidas Kariniasukas. "Kami bermain melawan tim terbaik di dunia. Saya senang atas kemenangan ini tapi kami tidak boleh terlena. Di 48 jam ke depan, kami akan menghadapi Serbia. Kami harus fokus tentang gim itu," tutupnya. 

Upaya Amerika Serikat mengejar tak pernah benar-benar mendekati seiring dengan tajamnya tembakan Lithuania. Lithuania memasukkan 56 persen tripoin (14/26). 

Lithuania bermain dengan 11 pemain hari ini dan 7 di antaranya mencetak dua digit poin. Empat nama sisanya pun menyumbang poin yang menunjukkan betapa meratanya skuad Lithuania. 

Top skor Lithuania adalah Vaidas Kariniauskas dengan 15 poin. Mindaugas Kuzminkas 14 poin. Jonas Valanciunas 12 poin dan 7 rebound. Ignas Bradzeikis, Tomas Dimsa, dan Tadas Sedkerskis masing-masing mencetak 11 poin. Tadas bahkan menambahkan 11 rebound untuk dobel-dobel. Daftar ditutup oleh Eimantas Bendzius dengan 10 poin. 

Untuk Amerika Serikat, Anthony Edwards sudah memberikan segalanya dengan sumbangsih 35 poin selama 29 emnit bermain. Bantuan untuknya datang dari Mikal Bridges dan Jalen Brunson yang masing-masing mencetak 14 poin. Brandon Ingram menambahkan 10 poin. 

"Ini adalah pertandingan basket yang bagus," buka Steve Kerr, kepala pelatih Amerika Serikat. "Lithuania datang ke gim ini dengan tangan yang panas. Saya rasa mereka memasukkan 9-10 tripoin mereka secara langsung. Kami coba melawan di paruh kedua. Perlawanan kami pun baik tapi tidak cukup. Beruntungnya hasil ini tidak mempengaruhi situasi kami untuk bermain di babak selanjutnya," tandasnya. 

Dengan ini, Lithuania adalah juara Grup J dan akan jumpa Serbia di perempat final. Amerika Serikat sebagai runner-up Grup J akan jumpa juara Grup I, Italia. 

Ini adalah ronde kedua. Dua tim teratas dari ronde pertama lolos ke sini dan bergabung dengan dua tim teratas dari grup sebelahnya dalam satu grup baru. Masing-masing tim bermain dua kali di grup ini (melawan tim dari grup sebelahnya saja). Nantinya, dua tim teratas akan lolos ke perempat final. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar