IBL

Timnas Republik Dominika memanggil 30 pemain untuk FIBA World Cup 2023. Nantinya akan dipilih 12 roster final dari pemain-pemain tersebut. Dalam daftar yang dirilis pada Kamis (27/7) itu, Republik Dominika mencatumkan Karl-Anthony Towns, Al Horford, Chris Duarte, hingga pemain Prawira Harum Bandung, Brandone Francis.

KAT merupakan salah satu big man terbaik NBA saat ini. Pilihan pertama NBA Draft 2015 itu mencetak rata-rata 20,8 poin, 8,1 rebound, dan 4,8 asis untuk Minnesota Timberwolves pada musim lalu.

Baca juga: Brandone Francis Berpeluang Gabung Republik Dominika di FIBA World Cup 2023

KAT memang sudah cukup lama absen dari timnas. Ia terakhir tampil bersama Republik Dominika pada FIBA AmericaCup 2013. Pada Maret lalu KAT menyatakan kesediaannya untuk membela Republik Dominika.

Tidak hanya KAT. Pemain veteran Boston Celtocs Al Horford juga masuk dalam daftar. AL Horford terakhir kali tampil di event internasional pada kualifikasi Olimpiade 2012.

Chris Duarte melengkapi skuad Republik Dominika. Dalam windows keempat Duarte mencetak rata-rata 15,5 poin per gim. Pada musim pertamanya di NBA dengan Indiana Pacers, Duarte memiliki 13,1 poin, 4,1 rebound, dan 2,1 asis per gim.

Duarte akan berseragam Sacramento Kings musim mendatang. Sebelum itu Duarte antusias untuk tampil bersama Republik Dominika. “Tentu saja saya ingin bermain di FIBA World Cup,” ujarnya usai menyelesaikan babak kualifikasi lalu.

Dalam daftar itu juga ada Andres Feliz dan Eloy Vargas. Mereka pemain yang selalu tampil dalam FIBA World Cup 2023 Americas Qualifiers. Dalam babak kualifikasi tersebut, Republik Dominika memenangkan 9 dari 12 gim. Mereka lolos pada putaran kedua grup E.

Pertandingan terakhir Republik Dominika saat melawan Argentina pada 26 Ferbuari lalu. Mereka menang 79-73 dan memastikan diri tampil di putaran final. Sebaliknya Argentina tidak lolos.

Ini adalah penampilan keempat Republik Dominika di FIBA World Cup. Sebelumnya mereka lolos pada edisi 1978, 2014, dan 2019. Pada FIBA World Cup 2019 lalu mereka sampai ke babak kedua.

Republik Dominika tergabung di grup A bersama Angola, Filipina, dan Italia. Mereka akan berlaga di Manila mulai 25 Agustus mendatang. Sebelum itu Republik Dominika menjalani laga pemanasan melawan Puerto Rico, Latvia, Kanada, dan Spanyol. (rag)

Foto: FIBA

Komentar