IBL

Brandone Francis mengantar Prawira Harum Bandung menjadi juara IBL 2023. Setelah musim kompetisi selesai, ia juga berpeluang bermain untuk timnas Republik Dominika di FIBA World Cup 2023 mendatang.

Saat ditemui usai perayaan juara di C-Tra Arena pada Minggu (23/7) itu, Francis menjawab soal peluang menjadi pemain IBL pertama yang tampil di FIBA World Cup. “Iya itu mungkin saja,” kata pemain berusia 28 tahun tersebut.

“Ini peluang yang sangat bagus. Saya akan siap untuk kesana.” Pemain Asing Terbaik IBL 2023 itu menjelaskan bahwa sebenarnya ia juga dipanggil memperkuat timnas Republik Dominika pada Februari lalu.

Dalam windows ketiga FIBA World Cup 2023 Americas Qualifiers itu, Republik Dominika mengalahkan Panama (23/2) dengan skor 93-67 dan Argentina (26/7) dengan keunggulan 79-75. Hasil itu juga membuat Argentina gagal lolos ke FIBA World Cup 2023.

“Saya seharusnya pergi ke Argentina. Tapi kalian tahu saya harus bermain untuk Prawira. Jadi, saya tidak bisa pergi. Kalian juga tahu apa yang terjadi kepada Argentina. Saya sedikit sedih dan tidak bisa berada di sana,” tutur Francis.

“Jika mereka kembali berlatih dan melakukan pemusatan latihan, saya akan dengan senang hati akan bergabung. Tetapi pada saat yang sama, saya ingin fokus ke karier. Saya pikir ini adalah waktu terbaik dalam karierku sekarang dan akan memikirkan yang selanjutnya.”

Francis sempat tampil dua kali dalam FIBA World Cup 2023 Americas Qualifiers. Pertama saat mengalahkan Kepulauan Virgin 87-85 pada 28 November 2021. Francis tampil selama 13 menit dan mencetak 8 poin, 2 rebound, plus satu steal.

Kedua atau terakhir kalinya Francis bermain untuk Republik Dominika juga melawan Kepulauan Virgin pada esok harinya. Republik Dominika menang telak 100-56. Pada gim itu Francis tampil semalam 8 menit. Ia menyumbang 3 asis dan satu rebound.

Francis juga melihat peluang yang bagus negaranya di FIBA World Cup 2023. Republik Dominika berada di grup yang cukup menantang. Mereka tergabung di grup A bersama Filipina, Italia, dan Angola.

“Kami punya Lester Quinones yang baru menekan kontrak dua arah dengan Warriors. Ada Chris Duarte yang ditukar ke Sacramento dari Indiana. Kami punya Karl-Anthony Towns. Angel Delgado yang pernah bermain untuk Clippers. Lalu beberapa pemain papan atas di Eropa dan kami ranking 12 dunia. Saya pikir kami tetap ada peluang,” kata Francis.

Setelah musim IBL 2023 selesai, Francis mengatakan akan kembali ke negaranya akhir pekan ini. Ia akan mengambil waktu istirahat dan berkumpul dengan keluarganya. (rag)

Foto: Hariyanto, FIBA

Komentar