IBL

Tim nasional Indonesia akan menjalani uji coba dan uji event (test event) di Indonesia Arena, Jakarta. Event tersebut memiliki tajuk Indonesia International Basketball Invitational. Event ini berlangsung pada 2-5 Agustus mendatang. Bertujuan sebagai uji coba venue FIBA World Cup 2023.

 

PP Perbasi melalui Badan Tim Nasional (BTN) menurunkan dua tim yaitu timnas dan Indonesia Patriots. Dalam Indonesia International Basketball Invitational nanti juga akan diikuti oleh timnas Uni Emirat Arab (UEA) dan Suriah.

Indonesia International Basketball Invitational ini juga menjadi rangkaian persiapan timnas Indonesia menuju Asian Games 2023 di Hangzhou, Cina. Multievent empat tahunan sempat tertunda setahun dan dijadwalkan lagi pada 23 September-Oktober 2023.

Uji coba itu bukan hanya untuk menguji lapangan atau bagian dari persiapan timnas. Tetapi juga kesiapakan teknis lainnya seperti sistem tiket, arus keluar masuk penonton, sistem kedaruratan, dan sebagainya. Indonesia International Basketball Invitational juga dibuka untuk umum pada kategori 1-3 dengan jumlah terbatas.

Baca juga: Indonesia Turunkan Dua Tim untuk Test Event FIBA World Cup 2023

Waktu pertandingannya juga disesuaikan dengan jadwal pertandingan saat FIBA World Cup 2023. Dalam sehari Indonesia Arena akan menggelar dua pertandingan. Masing-masing pada pukul 16.45 WIB dan 20.30 WIB.

“Biasanya venue baru perlu ada penyesuaian. Tantangan lainnya adalah bagaimana membuat stadion dengan kapasitas 16 ribu penonton itu dipenuhi penonton. Itulah sebab, mengapa kita perlu menggelar uji coba ini,” kata Ketua Panitia Pelaksana Lokal (LOC) FIBA World Cup 2023 Budi Satrio Djiwandono dalam keterangan resminya.

Selain uji venue Indonesia Arena, rangkaian kegiatan lainnya adalah youth leader program atau kunjungan ke sekolah-sekolah, tur trofi yang berlangsung di Solo, Bali, Surabaya, dan Jakarta, serta sustainability program hingga pertandingan eksibisi dengan media.

FIBA World Cup 2023 berlangsung 30 hari lagi. Event itu akan dimulai pada 25 Agustus 2023. Indonesia menggelar babak penyisihan hingga 3 September 2023 yang diikuti oleh grup G dan H.

Grup G terdiri dari Spanyol (juara bertahan), Brazil, Pantai Gading, dan Iran. Sedangkan grup H berisi Kanada, Prancis, Lebanon, dan Latvia. Dua peringkat teratas akan bertanding di ronde kedua. (rag)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar