IBL

Timnas Indonesia mengalahkan Indonesia Patriots dalam tes event venue FIBA World Cup 2023. Dalam turnamen bertajuk Indonesia International Basketball Invitational (IIBI) itu, timnas unggul 82-56. Mereka juga menjadi tim pertama yang memetik kemenangan di venue baru Indonesia Arena, Jakarta.

Dalam pertandingan pada Rabu (2/8) itu, timnas membagi rata menit bermain para pemainnya. Masing-masing tidak bermain lebih dari 23 menit dengan raihan poin yang merata. Dari 12 pemain, ada 3 pemain yang menjalani debut. Mereka adalah Zane Adnan, Althof Satrio, dan Reza Guntara.

Zane Adnan menjalani debut dengan cukup apik. Ia menjadi top skor dengan raihan 13 poin, 7 rebound, dan 4 blok. Ia memasukkan 4/7 tembakan termasuk 3/6 tripoin. “Saya merasa sangat bersemangat. Ini pertandingan yang menyenangkan dan membuat saya nyaman,” kata Zane usai pertandingan.

Derrick Michael menyumbang 9 poin, 7 rebound, dan 4 blok. Ini menjadi penampilan pertama Derrick di timnas setelah FIBA Asia Cup 2022 lalu. Yudha Saputera dan Widyanta Putra Teja masing-masing juga mencetak 9 poin. Sedangkan Marques Bolden dan Anthony Beane Jr. masing-masing delapan poin.

Asisten pelatih Wahyu Widayat Jati mengatakan masih belum puas dengan penampilan timnas kali ini. Dalam sesi jumpa pers pria yang akrab disapa Cacing itu menjelaskan dari segi pertahanan timnas masih belum solid.

“Dari statistik defense tidak rapi. Setiap melakukan serangan, Patriots bisa melakukan pick and roll dengan mudah. Belum ada coverage yang memuaskan. Lalu secara offence belum bisa padu antar pemain yang gabung lebih awal dan yang terakhir,” ujarnya.

Sementara itu dari kubu Patriots, Dame Diagne menjadi top skor gim dengan 21 poin. Dame juga memberikan delapan rebound dan tampil selama 28 menit. Disusul Hendrick Yonga dengan 11 poin dengan memasukkan 4/7 tembakan.

“Kami dapat pengalaman yang bagus bermain dalam level kesempatan yang tinggi. Bagus buat pemain bisa dapat pengalaman. Saya harap anak-anak bisa dapat pengalaman yang baik,” ujar pelatih Patriots Youbel Sondakh.

Dalam IIBI ini ada perubahan jadwal. Timnas Indonesia vs Patriots menjadi gim pembuka. Selanjutnya dilanjutkan pertandingan antara Suriah vs Uni Emirat Arab pada pukul 20.30 WIB. (rag)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar