IBL

Timnas Indonesia menggulung Uni Emirat Arab (UEA) 66-62 pada Jumat (4/8). Ini menjadi kemenangan kedua beruntun timnas di ajang Indonesia International Basketball Invitational (IIBI). Hasil tersebut juga menjadi kekalahan pertama UEA setelah sebelumnya menekuk Suriah 63-61.

Dalam pertandingan yang digelar di Indonesia Arena, Jakarta itu berjalan ketat. UEA sempat memimpin dengan keunggulan 9 poin. Kemudian Indonesia membalikkan momentum di kuarter keempat dan membangun hingga margin 8 poin.

Indonesia banyak mendapat kesempatan terbuka hingga mencapai 34 percobaan tripoin. Tetapi akurasi meleset. Hanya tujuh tripoin yang tepat sasaran. Secara keseluruhan Indonesia memasukkan 25/72 tembakan dengan 34 persen. Akurasi UEA sedikit lebih baik 23/65 tembakan (35 persen) yang diperoleh UEA.

Yudha Saputera tampil panas dalam gim ini. Pemain Prawira Harum Bandung itu mencetak 16 poin, 5 rebound, dan 3 asis. Yudha memasukkan 6/15 tembakan. Ia tepat sasaran dalam dua tripoin krusial dari 9 kesempatan.

Begitu halnya dengan Marques Bolden yang dobel-dobel dengan 16 poin dan 11 rebound. Bolden bermain selama 26 menit dan menambah dengan 4 blok. Anthony Beane Jr. menambah dengan 13 poin, 6 rebound, 3 asis, dan 6 steal.

“Kami memulai permainan dengan lambat. Tapi saya suka cara kami menyesuaikan diri. Di paruh kedua kami menjadi lebih kuat dan lebih baik,” ungkap Bolden dalam jumpa pers usai pertandingan.

Sementara itu Qais Alshabebi memimpin UEA dengan dobel-dobel 17 poin dan 15 rebound. Hamid Albreiki membantu dengan 11 poin, 4 rebound, dan 3 asis.

“Ini pertandingan yang bagus. Kami memberikan perlawanan sampai akhir dan menunjukkan ketangguhan kami. Sebenarnya kami siap dalam setiap serangan dengan keunggulan rebound. Tapi ya itulah basket. Kami akan belajar dari kesalahan ini,” ujar pelatih UEA Mounir Slimane

Hasil ini membawa Indonesia meraih kemenangan keduanya dari tim peringkat 85 dunia itu. Kemenangan sebelumnya terjadi di FIBA Asia Cup 2007. Kala itu Indonesia menang tipis 83-81. Setelah itu UEA menyamakan kedudukan pada edisi 2009 dengan skor 68-63. (rag)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar