IBL

Timnas Yunani, dan mungkin juga seluruh penggemar basket di negara tersebut masih harap-harap cemas. Mereka menunggu keputusan dari Antetokounmpo bersaudara. Giannis masih berkutat dengan penyembuhan cedera lutut. Sementara Kostas dan Thanasis juga belum memberikan keputusan. 

Yunani akan tampil di Filipina, pada babak penyisihan FIBA World Cup 2023. Namun sampai sekarang mereka belum mengumumkan roster, meski pemusatan latihan dan semua persiapan sudah matang. Menurut kepala pelatih timnas Yunani Dimitri Itoudis, Giannis memang berkomitmen untuk membela timnas. Tetapi bergantung pada proses penyembuhan cedera lutut, dan izin dari Milwaukee Bucks. 

"Giannis memang absen, karena menjalani operasi yang memakan waktu lama. Tetapi kami menunggu keputusan Bucks, dan perkembangan pemulihan cederanya. Kami akan sabar untuk menunggu," kata Itoudis, dikutip dari Sport Illustrated. 

Yunani berada di Grup C bersama timnas Amerika Serikat, Yordania, dan Selandia Baru. Jelas peluang Yunani untuk bisa lolos dari penyisihan grup adalah adanya pemain terbaik dari negara tersebut, yaitu Giannis Antetokounmpo. Karena dia mencetak rata-rata 29,3 poin, 8,8 rebound, dan 4,7 asis di EuroBasket 2022. Bila tidak ada Giannis, maka harapan lolos ke babak selanjutnya semakin kecil.

Kalau Giannis masih tanda tanya, begitu juga dengan Kostas dan Thanasis. Kostas Antetokounmpo juga sama dengan kakaknya. Dia menjalani operasi dan pemulihan untuk cederanya. Sehingga memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sedangkan Thanasis, masih menunggu kejelasan kontraknya. Thanasis menjadi pemain "free agent" pada akhir musim 2022-2023. Kabarnya dia ingin memastikan masa depannya di NBA, sebelum tampil di FIBA World Cup 2023. (*)

Foto: Milwaukee Jounal Sentinel

Komentar