IBL

Golden State Warriors mengalami serangkaian drama pada musim 2022-23. Berstatus sebagai juara bertahan, Warriors nyatanya kesulitan untuk mempertahankan performanya. Pelatih Warriors Steve Kerr mengakui bahwa ia gagal menyatukan tim yang berujung pada kekalahan di semifinal Wilayah Barat.

“Saya akan mengatakan bahwa saya merasa gagal tahun lalu dalam menyatukan tim. Saya telah menghabiskan banyak waktu pada musim panas ini untuk memikirkan hal tersebut. Hal-hal yang bisa dan seharusnya saya lakukan secara berbeda,” kata Kerr dalam wawancara dengan Shayna Rubin dari The Mercury News.

“Saya benar-benar percaya bahwa terkadang kehilangan kekuatan memaksa Anda untuk menilai dan mengevaluasi lagi. Saya bersemangat untuk kembali lagi musim dengan dengan fokus dan energi yang baru. Saya tidak sabar menunggu,” kata pelatih berusia 57 tahun itu.

Sebelum memulai musim 2022-23 itu, Warriors sudah diguncang perpecahan. Dimulai dari pertengkaran antara Draymond Green dan Jordan Poole. Dalam sesi latihan awal Oktober 2022 itu, Dray memukul Poole.

Baca juga: Warriors Tidak Ingin Curry, Dray, dan Klay Pindah Tim

Sejak saat itu hubungan Dray dan Poole berubah. Mereka memang melanjutkan hubungan secara profesional. Namun, suasana tim tidak lagi sama. Bahkan ketika Poole dikirim ke Wizards dan Warriors mendatangkan Chris Paul, perselisihan belum berakhir. Yang terbaru Dray berselisih dengan ayah Jordan Poole.

Warriors juga terseok-seok menjalani musim 2022-23. Mereka dihadang badai cedera. Membuat mereka jatuh dengan rekor buruk 11-30. Warriors menyelesaikan musim dengan rekor menang-kalah 44-38.

Stephen Curry dkk lolos dari fase play-in setelah menempati peringkat ke-6 Wilayah Barat. Babak playoff juga terjal. Warriors harus bermain 7 gim melawan Sacramento Kings di ronde pertama. Lalu tumbang di tangan Los Angeles Lakers 2-4 di semifinal Wilayah Barat.

Setelah musim berakhir pun, Warriors kehilangan manajer umum Bob Myers. Setelah 12 tahun bekerja di waralaba dan membantu Warriors meraih empat gelar, Myers memilih mengundurkan diri pada akhir Mei lalu.

Sementara itu Kerr menyisakan satu kontrak dengan Warriors. Beberapa waktu lalu pemilik Warriors Joe Lacob ingin mempertahankan trio Stephen Curry, Klay Thompson, dan Draymond Green. Belum jelas apakah Lacob akan memperpanjang kontrak Kerr atau tidak. (rag)

Foto: San Francisco Chronicle

Komentar