IBL

Andre Iguodala dalam pergolakan batin setelah memenangkan gelar juara NBA keempat bersama Golden State Warriors di tahun 2022. Dia di persimpangan antara pensiun atau tetap bermain di NBA. Akhirnya, Iguodala memilih untuk bermain satu musim lagi di NBA. Dan, orang yang berhasil merayunya adalah Stephen Curry. 

Keputusan soal masa depan Iguodala ini sangat dinanti-nanti oleh publik Warriors. Lalu pemain berusia 38 tahun tersebut muncul dalam episode khusus podcast "Point Forward" yang dipandu oleh Evan Turner. Iguodala akhirnya memberikan penjelasan bahwa dirinya akan bermain satu musim lagi bersama Warriors. Dengan ini, maka Iguodala akan bermain di musim NBA ke-19-nya. 

Pada podcast pembicaraan tersebut, Iguodala menyalahkan beberapa orang. Dalam hal ini, mereka yang berhasil merayunya untuk membatalkan rencana pensiun. Iguodala juga memuji kepala pelatih Steve Kerr yang memberinya keyakinan untuk bisa bermain satu musim lagi. 

"Saya akan menyalahkan beberapa orang. Sebagai sebuah grup, saya menyalahkan Draymond, Steph dan Klay, Steve Kerr, dan Bob Myers," katanya. "Saya pikir mereka benar-benar menunjukkan saya banyak cinta, Anda tahu apa yang saya maksud? Mereka benar-benar membantu meyakinkan saya bahwa bermain basket bukan hanya masalah fisik. Steve (Kerr) adalah penyebab paling besar saya kembali bermain. Dia mengatakan bahwa membutuhkan saya di lapangan."

Wajar kalau tokoh-tokoh sentral Warriors meminta Iguodala batal pensiun. Perannya sebagai mentor sangat berharga bagi Warriors, terutama musim lalu, ketika anak-anak muda seperti Jordan Poole, Moses Moody dan Jonathan Kuminga bisa memberikan kontribusi besar untuk tim. Kehadiran Iguodala penting karena ketiga pemain tersebut terus mendapatkan bimbingan darinya. 

Foto: NBC Sports

Selama 18 musimnya di NBA, Iguodala telah menunjukkan IQ bola basket tinggi. Dia mendapat pujian dari Steve Kerr dan Bob Myers. Meski dalam wawancara dengan Tim Kawakami dari The Athletic, Myers mengatakan tidak ingin memaksa Iguodala bermain lagi. 

"Saya percaya pada peran saya dan Steve Kerr akan memberi tahu Anda hal yang sama dan seperti halnya Steph. Kami berbicara tentang Andre tempo hari, berbicara dengan Draymond tentang dia. Kami tidak ingin memaksanya kembali bermain. Tapi kami berusaha agar dia mau kembali," kata Myers. 

Iguodala kembali, dan Warriors tentu saja merasa senang. Sebagai penutup Iguodala mengatakan bahwa orang yang paling dia salahkan dalam hal ini adalah Stephen Curry. Secara khusus, Iguodala meyakinkan Curry agar tidak meminta bermain lebih lama lagi. 

"Saya memberi tahu Anda sekarang, Steph Curry, ini yang terakhir," canda Iguodala. 

Musim lalu, Iguodala kembali ke Warriors dengan menandatangani kontrak satu tahun senilai AS$2,6 juta. Dia rata-rata mencetak 4 poin, 3,7 asis, dan 3,2 rebound per pertandingan bersama Warriors musim lalu. Dalam 18 tahun karirnya, Iguodala rata-rata mencetak 11,4 poin, 4,9 rebound, dan 4,2 asis. (*)

Foto: Sporting News

Komentar