IBL

Kualifikasi FIBA World Cup 2023 sebanyak 6 window telah selesai. European Qualifiers meloloskan 12 tim. Benua Biru itu memiliki wakil terbanyak dalam FIBA World Cup ini. Negara yang lolos adalah Finlandia, Prancis, Georgia, Jerman, Yunani, Italia, Latvia, Lithuania, Montenegro, Serbia, Slovenia, dan Spanyol.

Pertandingan European Qualifiers ini berlangsung sengit. Ada 10 gim yang berakhir dengan babak perpanjangan waktu (overtime). Jumlah ini dua kali lebih banyak dari tiga wilayah lain jika digabungkan. American Qualifiers 3 gim overtime, Asian Qualifiers dan Afrika masing-masing hanya satu gim over time.

Selain itu margin skor European Qualifiers juga ketat. Sebanyak 21 persen dari total pertandingan diakhiri dengan perbedaan tiga poin atau lebih sedikit. Sedangkan Asian Qualifiers hanya 2,6 persen, Afrika 9,1 persen, dan Amerika 6 persen.

Italia memiliki rata-rata poin tertinggi di Eropa dengan 88,1 poin per gim. Prancis hanya kebobolan 61,8 poin per gim dan menjadi yang terendah dari seluruh tim yang mengikuti European Qualifiers.

Swedia menjadi tim yang kurang mujur selama FIBA World Cup 2023 Qualifiers ini. Dalam empat gim mereka memang bisa memimpin paruh pertama. Namun, mereka dipukul balik di sisa waktu dan mengalami kekalahan dalam empat gim tersebut.

Slovenia mencatat rekor sebagai tim dengan tembakan bebas terbanyak dalam satu gim sepanjang sejarah FIBA World Cup Qualifiers. Mereka mencetak 35 tembakan bebas saat pertandingan melawan Kroasia (November 2021). Klemen Prepelic membuat 38/41 tembakan bebas (93 persen). Ia menjadi pemain paling akurat dari 87 pemain dalam tembakan bebas dengan 30+ kesempatan.

Gim Yunani vs Serbia (Februari 2023) menjadi yang cukup alot. Gim itu dimenangkan oleh Serbia 97-92 melalui over time. Sebanyak 74 poin Yunani dicetak oleh pemain dari bangku cadangan. Rihards Lomazs mencetak total 156 poin dari bangku cadangan selama European Qualifiers ini. Termasuk 40 asis saat pemain Latvia itu tidak menjadi starter.

Lalu blok terbanyak per gim dibuat oleh Prancis dengan 11 blok saat melawan Republik Ceko (Februari 2023). Pada gim itu Victor Wembanyama merupakan pemain pertama yang mencetak 20 poin, 15+ rebound, dan 5+ blok. Wemby membukukan total  22 poin, 17 rebound, dan 6 blok.

Thaddus McFadden menjadi pemain pertama yang berhasil mengumpulkan 200+ poin selama FIBA World Cup 2023 Qualifiers. Ia meraih 226 poin dengan 50 tripoin. McFadden mencatat 431 menit bermain selama kualifikasi tersebut. Hanya tiga pemain yang telah mencapai 300+ poin selama mengikuti Europe Qualifiers. Selain McFadden dengan total 324 poin, ada Giorgi Shermadini (307). Keduanya merupakan pemain Georgia. (rag)

Foto: FIBA

Komentar