IBL

Sebenarnya, sepatu KAWHI III sudah dipakai oleh Kawhi Leonard pada pertandingan LA Clippers melawan Milwaukee Bucks, pada hari Kamis, 2 Februari 2023, waktu Amerika Serikat. Namun baru sekarang pihak New Balance memberikan penjelasan tentang sepatu khas (signature shoes) baru untuk Leonard. Semuanya diawali dari keuntungan yang besar. 

New Balance KAWHI III "Alpha Predator" akan tersedia di situs merek tersebut mulai 10 Februari 2023. Harganya sekitar 160 dolar Amerika. Menurut informasi, ada beberapa jalur warna yang disiapkan, dan semuanya mengacu pada permintaan Leonard. Nama-namanya juga unik, seperti "Recharged Chakra", "Multi-Dimensional", "Sacred Geometri", dan beberapa nama unik lainnya. 

Foto: New Balance

Untuk KAWHI III dengan jalur warna "Alpha Predator", yang dipakai Leonard dalam pertandingan memang terinspirasi dari dominasi bintang Clippers tersebut di dalam lapangan. Dia menganggap dirinya seperti predator yang ada di puncak rantai makanan. "Bekerja dengan tim desain New Balance selalu menyenangkan," kata Leonard, dikutip dari situs resmi New Balance. "KAWHI III menghadirkan teknologi baru yang memungkinkan saya membawa permainan saya ke level berikutnya, dan itu sangat penting bagi saya, dan saya senang pemain lain dapat merasakannya."

Foto: New Balance

Leonard memandu desainer New Balance dalam pengembangan KAWHI III. Dia ingin sepatu yang responsif, eksplosif, dan ringan. KAWHI III dibangun untuk menghidupkan kreativitas Leonard, sehingga lahirlah sepatu yang ramping, bagian atas yang ringan, dan bantalan berteknologi tinggi.

KAWHI III menggunakan sistem bantalan FuelCell full-length yang dikombinasikan dengan Energy Arc. Sebuah pelat serat karbon khusus olahraga dengan rongga midsole. Teknologi ini dirancang untuk meningkatkan energi yang tersimpan untuk menghasilkan jumlah pengembalian energi lebih tinggi.

Teknologi FuelCell full-lenght tersebut dikembangkan oleh tim desain New Balance dengan Sports Research Lab, dan diawasi oleh FuelCell Super Comp Trainer, sekaligus pemenang penghargaan dalam desain sepatu bernama Coco Gauff dari CocoCG1. Ini juga merupakan aplikasi pertama teknologi Energy Arc di sepatu basket. Desain upper yang minimalis menonjolkan tekstil yang ringan dan konstruksi material sintetis, menampilkan half-bootie yang terhubung langsung ke lidah sepatu. 

New Balance tampaknya mengeluarkan modal yang besar untuk membuat sepatu ini. Tapi sudah jelas, bahwa mereka juga punya tujuan besar. Karena menurut General Manager New Balance untuk Performance Basketball, Trent Casper, perusahaan tersebut untuk besar setelah merekrut Kawhi Leonard sebagai duta. New Balance Basketball juga semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. 

"Kawhi adalah bagian penting dari keluarga New Balance. Kesuksesan kami dalam kategori tersebut (bola basket), jelas ada campur tangan Kawhi dan pola pikir, serta pendekatan inovatif dari perusahaan. Kami tetap setia dengan inovasi dan teknologi, dan Kawhi paham betul akan hal tersebut," kata Trent Caspet, dikutip dari FanNation Kicks

Pengembangan berikutnya dari kerjasama New Balance dan Kawhi Leonard adalah membuat produk pakaian. New Balance akan mengajak Griggs Brothers dalam proyek ini. Karena mereka ingin agar pakaian berlogo Kawhi Leonard tidak hanya fokus pada basket saja, melainkan juga menembus pasar streetwear. (*)

Foto: New Balance

Komentar