IBL

Setelah perpindahan James Harden, maka LA Clippers menjadi tim yang memiliki pemain dengan sepatu khas terbanyak di NBA. Sekarang ada empat pemain, yaitu Harden dari adidas, Paul George sebagai duta Nike, Kawhi Leonard dengan New Balance, dan Russell Westbrook dengan Jordan Brand. Sudah pasti, merek-merek tersebut akan berlomba-lomba mendorong atletnya agar dapat sorotan lebih besar. 

Kalau dibilang paling lama, mungkin Paul George, karena dia menandatangani kontrak dengan Nike pada tahun 2010. Tetapi lini sepatu khasnya baru muncul di tahun 2017. Sementara James Harden, yang pindah dari Nike ke adidas pada tahun 2015, langsung mendapatkan sepatu khasnya. Sementara yang terbaru, tentu saja kontrak Kawhi Leonard dengan New Balance, yang baru terjadi di tahun 2018. 

Paul George merupakan salah satu wajah Nike, hingga sekarang. Uniknya, Nike sudah menghentikan lini sepatu PG setelah enam varian, atau tepatnya pada bulan Agustus 2022. Meski lini khas Nike PG sudah tidak aktif lagi, George tetap memakai sepatu lamanya di NBA musim 2023-2024. 

Lanjut ke Kawhi Leonard. Setelah memulai kariernya bersama Jordan Brand, Leonard menandatangani kontrak dengan New Balance di tahun 2018. Tapi usut punya usut, lini sepatu khas Leonard sudah tidak tersedia di website New Balance. Tapi ada kabar kalau varian keempat dari lini sepatu khas Leonard akan hadir pada musim ini. Kabarnya, Leonard dan New Balance sedang terlibat pembicaraan intensif soal kontrak yang hanya tersisa satu tahun tersebut. 

Hubungan Russell Westbrook dan Jordan Brand cukup awet. Karena kedua belah pihak sepakat bekerja sama pada Oktober 2012. Kemudian kontraknya diperpanjang 10 tahun pada tahun 2017. Jadi Westbrook tetap akan memakai Jordan Brand sampai tahun 2027, seandainya dia belum pensiun. Dan, mungkin sepertinya Westbrook masih ingin bermain di NBA lebih lama lagi. 

Terakhir, atau pemain keempat di Clippers yang memiliki sepatu khas adalah James Harden. Dia memulai kariernya bersama Nike, kemudian pindah ke adidas pada tahun 2015 dengan kontrak 13 tahun senilai 200 juta dolar. Sejak saat itu, adidas telah meluncurkan tujuh model lini khas Harden, dan beberapa dari varian tersebut sukses besar di pasar sepatu basket. Kini Harden memakai Vol. 7 saat bermain bersama Clippers. (*)

Foto: KicksOnFire.com

Komentar