IBL

Semakin dekat dengan musim kompetisi baru, maka penggemar NBA semakin haus dengan perkembangan baru seputar liga tersebut. Mereka mencari berita-berita terbaru di internet. Sampai ada situs sideline.io yang mencatat bahwa Steve Kerr adalah pelatih yang paling banyak dicari di internet. Dengan kata lain, pelatih Golden State Warriors tersebut paling populer saat ini. 

Sidelines.io merupakan situs statistik olahraga. Mereka mencoba mencari tahu, pelatih NBA mana yang paling menarik perhatian pengguna internet saat ini. Data ini dihasilkan dari penghitungan volume pencarian di Google. Akhirnya diketahui bahwa nama Steve Kerr yang paling banyak dicari pengguna internet. 

Menurut data, kepala pelatih Warriots tersebut dicari dengan rata-rata 197 ribu pencarian di internet setiap bulannya. Kerr memang layak jadi sorotan, karena dia paling berprestasi untuk saat ini. Kerr sudah memenangkan total sembilan gelar NBA, baik sebagai pemain maupun pelatih. Sementara di tempat kedua ada kepala pelatih Celtics, Ime Udoka dengan total rata-rata pencarian sebanyak 176 ribu per bulan.

Di urutan ketiga, ada pemenang medali emas Olimpiade dua kali, Jason Kidd, yang kini menangani Dallas Mavericks. Kid mengumpulkan 167 ribu pencarian dalam sebulan. Disusul oleh delapan kali NBA All-Star, Steve Nash, di tempat keempat. Kepala pelatih Brooklyn Nets tersebut dicari rata-rata 150 ribu pencarian Google sebulan. Kemudian kepala pelatih Philadelphia 76ers, Doc Rivers, adalah pelatih kelima dalam daftar sepuluh teratas yang ditelusuri di Google lebih dari 100 ribu kali per bulan.

Selain kelima pelatih di atas, ada pula nama-nama yang masuk 10 besar. Mereka adalah Monty Williams (New York Knicks), Chauncey Billups (Portland Trail Blazers), Gregg Popovich (San Antonio Spurs), Darvin Ham (Los Angeles Lakers), dan Rick Carlisle (Indiana Pacers). Mereka yang saat ini paling dicari beritanya oleh para penggemar NBA. 

Foto: The Athletic

Tak hanya 10 besar, ternyata sidelines.io juga mengeluarkan data pelatih NBA paling tidak populer. Di urutan pertama atau paling bawah ada kepala pelatih Cleveland Cavaliers J. B. Bickerstaff. Dalam pencarian rata-rata di Google selama sebulan, nama Bickerstaff hanya dicari sebanyak 100 kali per bulan. Kenyataannya, memang Bickerstaff adalah pelatih yang tidak pernah bermain di NBA. Selain itu, menurunnya performa Cavs berpengaruh pada pencarian beritanya. 

Kepala pelatih termuda di NBA, Will Hardy mengumpulkan jumlah pencarian paling sedikit kedua dengan hanya 2.500 per bulan. Mantan asisten pelatih Boston Celtics tersebut ditunjuk sebagai kepala pelatih Utah Jazz, pada 29 Juni 2022. Saat ini usianya baru 34 tahun.

Data-data seperti ini sangat penting bagi NBA. Sebab, mereka akan tahu tim mana yang paling diminati penggemar. Mereka bisa menghitung dari sekarang penjualan hak siar televisi di seluruh dunia. NBA juga bisa menentukan harga siaran dan sponsor yang masuk untuk pertandingan masing-masing tim. (*)

Foto: San Francisco Chronicle

Komentar