IBL

LA Clippers dan Houston Rockets mulai mencari pelatih baru. Mike Brown dikabarkan sudah menjalani wawancara dengan manajemen Clippers, dan jadi kandidat kuat pengganti Doc Rivers. Sementara, Tyronn Lue akan bertemu manajemen Houston Rockets, minggu depan. Lue menjadi calon pengganti Mike D'Antoni.

Marc Stein dari TheSteinLine melaporkan bahwa Mike Brown menjadi calon kuat pengganti Doc Rivers. Sementara, Ty Lue yang awalnya dikaitkan sebagai pengganti Rivers, justru akan hadir dalam wawancara dengan manajemen Rockets minggu depan. Rockets sedang mencari pengganti Mike D'Antoni yang berpisah setelah Rockets gagal di putaran kedua Playoff NBA 2020.

Mike Brown adalah Associate Head Coach Golden State Warriors sejak 2016 hingga sekarang. Dia berperan besar membantu Steve Kerr membangun dinasti juara Warriors dalam beberapa tahun terakhir. Tahun ini, Brown juga ditunjuk sebagai kepala pelatih timnas Nigeria.

Brown punya pengalaman melatih tim NBA sejak 1997. Dimulai dari asisten pelatih Washington Wizards, San Antonio Spurs, dan Indiana Pacers. Pada tahun 2005, dia bertugas sebagai kepala pelatih untuk pertama kalinya di tim Cleveland Cavaliers. Brown terpilih menjadi Coach of the Year di tahun 2009. Setelah keluar dari Cavs, Brown ditunjuk sebagai kepala pelatih Los Angeles Lakers selama satu musim (2011-2012). Setelah itu, dia kembali ke Cavs di musim 2013-2014.

Brown punya prestasi yang baik saat menjadi kepala pelatih. Dia mengumpulkan rekor 347-216 (61,6 persen kemenangan). Brown yang berhasil membawa Cavs sampai ke Final NBA 2007, yang masih diperkuat oleh LeBron James. Sementara bersama Warriors, Brown bertugas sebagai penasihat utama Steve Kerr.

Clippers baru saja berpisah dengan Glenn "Doc" Rivers. Namun Rivers hanya menunggu 72 jam untuk mendapatkan pekerjaan selanjutnya di tim Philadelpiha 76ers. Menurut Marc Stein, sebagai asisten pelatih Rivers, Tyronn Lue punya kans besar duduk di kursi kepala pelatih. Prestasinya sebagai pelatih Cleveland Cavaliers yang juara NBA 2016 juga patut dipertimbangkan. Tetapi mungkin Lue ingin mencoba tantangan baru. Lue dijadwalkan bertemu manajemen Houston Rockets untuk melakukan wawancara, minggu depan.

Sebenarnya Doc Rivers bukan pelatih sembarangan. Dia sudah memimpin Clippers sejak 2013 hingga 2020. Musim ini, Rivers bisa punya kans besar ke Final NBA dengan dua bintang besar di roster-nya yaitu Kawhi Leonard dan Paul George. Tetapi justru Clippers menyerah dari Denver Nuggets di semifinal Wilayah Barat. Kekalahan tersebut terasa menyakitkan karena mereka sudah sempat unggul 3-1. Steve Ballmer selaku pemilik klub kecewa dengan hasil ini. Dia memutuskan untuk tidak memakai jasa Doc Rivers lagi.

Berbeda dengan Rivers, Mike D'Antoni punya cerita berbeda musim ini. Justru tidak ada kaitannya dengan kegagalan Rockets di Playoff NBA 2020. Karena pada 8 Juni 2019, D'Antoni tidak menemui kata sepakat untuk perpanjangan kontraknya. Sehingga musim 2019-2020 memang jadi musim terakhirnya di Rockets, apa pun hasilnya. Sementara Rockets sendiri juga gagal melaju ke final konferensi setelah kalah 1-4 dari Los Angeles Lakers. Oleh sebab itu, pada 13 September lalu, Mike D'Antoni resmi pamit dari Rockets. (tor)

Foto: ESPN & ClippersHolics

Komentar