IBL

Tyronn Lue memasukkan dua orang baru ke staf kepelatihan LA Clippers. Mereka adalah Chauncey Billups dan Larry Drew, yang akan bekerja sebagai asisten pelatih. Lue dan Billups dikenal sebagai garda utama legendaris di liga. Sedangkan Drew pernah jadi asisten Lue semasa di Cleveland Cavaliers.

Kabar tentang dua asisten baru tersebut dilaporkan oleh Adrian Wojnarowski dari ESPN, pada hari Minggu, 8 November waktu Amerika Serikat. Lue yang ditunjuk menggantikan Doc Rivers segera bergerak untuk membenahi Clippers, setelah mereka gagal di putaran kedua Playoff NBA 2020. Lue diangkat sebagai kepala pelatih, setelah sebelumnya menjabat sebagai asisten Rivers di musim 2019-2020. 

Billups adalah garda utama legendaris yang aktif di NBA mulai tahun 1997 hingga 2014. Masa keemasan Billups terjadi saat dirinya membela Detroit Pistons (2004-2008). Kala itu, Billups sukses membawa Pistons juara NBA 2004 sekaligus dinobatkan sebagai MVP Final NBA. Dalam perjalanan kariernya, Billups pernah bermain di Boston Celtics, Toronto Raptors, Denver Nuggets, Minnesota Timberwolves, Detroit Pistons, Denver Nuggets, New York Knicks, dan LA Clippers.

Setelah pensiun tahun 2014, Billups bekerja sebagai analis ESPN. Namanya dikaitkan dengan jabatan penting klub NBA dalam beberapa musim terakhir, seperti presiden bola basket Timberwolves di tahun 2019, hingga kepala pelatih baru untuk Indiana Pacers musim ini. Sayangnya semua pekerjaan tersebut tidak berhasil dia dapatkan. Akhirnya, Tyronn Lue yang memintanya sebagai asisten pelatih Clippers.

Sementara itu, Larry Drew latar belakang berbeda dengan Billups. Drew merupakan asisten pelatih Lue saat dirinya sukses membawa Cleveland Cavaliers juara NBA tahun 2016. Oleh karenanya, Lue ingin agar Drew bisa mendampinginya kembali. Drew juga beberapa kali pernah menjadi kepala pelatih tim NBA. Dia memimpin tim Atlanta Hawks (2010-2013), Milwaukee Bucks (2013-2014), hingga menggantikan Lue yang dipecat dari Cavaliers tahun 2018 lalu. Tetapi itu hanya bertahan satu musim saja (2018-2019).

Kehadiran dua asisten pelatih baru ini diharapkan mampu menemukan masalah Clippers. Sebab, bila melihat komposisi pemain, maka tidak ada yang salah dari tim tersebut. Tim ini juga punya Kawhi Leonard dan Paul George sebagai tumpuan utama. Hanya saja, kegagalan mereka mencapai Final Wilayah Barat menjadi pertanyaan besar bagi penggemar NBA. (tor)

Foto: USA Today

Komentar