IBL

Kepala pelatih Golden State Warriors Steve Kerr paham betul pentingnya beradaptasi dengan perkembangan permainan basket. Karena ini bisa berpengaruh pada kesuksesan sebuah tim. Kerr juga menyadari bahwa perlu menyesuaikan diri dengan metode latihan agar penerapan strategi di lapangan bisa lebih baik. Oleh karena itu, dia memberi kebebasan kepada asisten pelatih untuk menciptakan metode latihan yang baru. 

Ketika Kerr mengambil alih kursi pelatih Warriors di tahun 2014, dia melihat latihan tim agak membosankan. Mereka hanya berkutat pada pick-and-roll. Lalu dia mencoba membuat metode latihan yang baru, dan berbeda dengan tim-tim lainnya. Kerr bisa menciptakan hal baru berdasarkan pengalaman bermain saat membela Chicago Bulls dan San Antonio Spurs. Dia menggabungkan dengan pengalaman manajemen di Phoenix Suns.

"Anda harus terus-menerus melihat ke depan, dan tetap mengetahui apa yang dilakukan tim-tim lain," kata Kerr pada episode terbaru "Dubs Talk" bersama Kerith Burke dari NBC Sports

Foto: El Paish in English

Kerr menganggap akan ada perubahan besar dari tim Warriors di musim 2022-2023. Khususnya dari staf kepelatihan. Padahal sebenarnya, yang dimaksud Kerr adalah kepergian asisten pelatih Mike Brown, yang kini menjabat sebagai kepala pelatih Sacramento Kings. Perginya Brown dianggap Kerr sebagai kehilangan yang besar. Karena selama ini, Brown yang bertugas menerjemahkan strategi Kerr ke dalam materi latihan. 

Namun Kerr punya strategi jitu untuk mengatasi masalah ini. Dia punya banyak asisten pelatih, yaitu Kenny Atkinson, Ron Adams, Bruce Fraser, Chris DeMarco, Dejan Milojevic, Jama Mahlalela, dan Rick Celebrini (pelatih fisik). Kerr memberi kebebasan bagi mereka untuk melatih pemain, baik dalam latihan harian atau mempersiapkan pertandingan. 

Foto: hdnux.com

"Kami memiliki staf muda yang sangat bagus. Kami memiliki kolaborasi yang hebat. Saya selalu menerima ide dari semua orang," kata Kerr, dikutip dari NBC Sports. "Jadi tahun ini, yang benar-benar berbeda adalah latihan rutin kami. Beberapa latihan berbeda dari biasanya, dan saya pikir para pemain menyukainya. Jadi saya pikir terus berusaha untuk berkembang dari tahun ke tahun adalah penting."

Para penggemar Warriors akan bisa melihat, apakah metode latihan baru ini dapat menghasilkan kualitas pemain yang bagus di lapangan ketika musim 2022-2023. Warriors akan menghadapi pertandingan pertama pada 18 Oktober 2022 melawan Los Angeles Lakers di Chase Center. (*)

Foto: Sporting News

Komentar