IBL

Kompetisi bola basket Indonesia kembali semarak. Setelah Indonesian Basketball League (IBL) 2022 sukses digelar, kini cabang 3x3 unjuk gigi. IBL 3x3 2022 akan dimulai besok hingga lusa di Discovery Beach Mall Kuta, Bali. Seri Bali tersebut menjadi seri pembuka rangkaian tur IBL 3x3 2022.

Setelah seri pertama di Bali, IBL 3x3 2022 akan bergulir di kota yang lain. Lokasinya adalah Sleman City Hall, Jogjakarta (10-11 September 2022), Supermall Pakuwon City, Surabaya (17-18 September), Bogor (24-25 September). Lalu babak playoff digelar di BX Hoops, Bintaro Jaya Xchange Mall, Tangerang Selatan pada 1-2 Oktober mendatang.

Sebanyak 15 tim IBL mengirimkan wakilnya untuk turnamen ini. Selain kategori tim elit tersebut, IBL 3x3 2022 juga membuka kategori lainnya yaitu open men (minimal usia 18 tahun), open women, dan U-18 Boys. Nantinya juara tim elit akan menjadi wakil Indonesia di 3x3 World Tour Hongkong 2022 pada November mendatang.

Dirut IBL Junas Miradiarsyah mengatakan bahwa dengan adanya event ini jadwal off season bisa terus terisi hingga musim berikutnya digelar. “Sehingga para pemain tidak hanya sekedar latihan. Tetapi juga memiliki kesempatan untuk tetap berada di level kompetisi,” kata Junas dalam sesi jumpa pers di kawasan Jakarta Selatan pada Jumat (2/9) itu.

Dalam skema IBL 3x3 2022 ini akan diambil juara di masing-masing seri. Selain itu, mereka juga akan mengumpulkan poin terbanyak. Nantinya delapan tim dengan poin terbanyak akan masuk ke babak playoff di Tangerang Selatan.

IBL 3x3 terakhir digelar pada 2019. Lalu berhenti dua tahun karena pandemi Covid-19. Saat itu Satria Muda Pertamina Jakarta menjadi pemenang. Mereka menurunkan skuad yang berisi Avan Seputra, Audy Bagastyo Arizanugra, Christian Gunawan, dan Sandy Ibrahim.

Kali ini Satria Muda mendaftarkan Avan dan Sandy. Selain itu mereka mendaftarkan pemain lain seperti M. Rizal Falconi, Kevin Yonas, Argus Sandyudy, dan Antoni Erga. Setelah berhasil mempertahankan gelar juara IBL, mereka berambisi untuk mempertahankan gelar di IBL 3x3.

“Kami masih haus gelar juara. Saya sendiri baru masuk roster 3x3 tahun ini dan target masih tetap (mempertahankan) juara. Selain itu adanya event ini pemain bisa menunjukkan potensi pemain di 3x3 juga. Pastinya gimnya akan beda karena lebih intens dan fisikal,” ujar Erga. (rag)

Komentar