IBL

IBL 2020 batal dilanjutkan kembali. Pihak keamanan tidak memberikan izin penyelenggaraan lanjutan kompetisi yang rencananya berlangsung 13-27 Oktober, di Mahaka Square, Jakarta.

"Seperti kita ketahui bersama bahwa IBL musim 2020, yang telah tertunda selama pandemi, rencananya dilanjutkan tanggal 13-27 Oktober. Persiapan terus dilakukan sampai tahap finalisasi. Tetapi kami berupaya untuk mendukung pemerintah dalam situasi seperti saat ini. Musim IBL 2020 harus kami batalkan," kata Direktur IBL Junas Miradiarsyah, dalam konferensi pers, Rabu, 7 Oktober 2020. 

IBL dihentikan pada pertengahan bulan Maret 2020 karena pandemi virus korona. Tepatnya setelah Seri 6 Surabaya. Liga sudah mencari beberapa alternatif tanggal pelaksanaan. Awalnya, setelah pertemuan dengan tim-tim peserta, IBL rencananya dilanjutkan pada 4 September - 5 Oktober 2020.

Baca Juga: IBL Dilanjutkan 4 September 2020

Pada 23 Juli 2020, penyelenggara liga mengumumkan bahwa lanjutan kompetisi mundur dari rencana semula. Kali ini dipilih tanggal 13 hingga 27 Oktober. Saat itu alasan mundurnya jadwal karena mempertimbangkan beberapa aspek, termasuk persiapan tim-tim peserta. IBL saat itu sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat. IBL juga sudah menyampaikan rencana penyelenggaraan, termasuk pembuatan "gelembung" untuk melanjutkan kompetisi kepada Badan National Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca Juga: IBL 2020 Dilanjutkan Bulan Oktober, Mundur dari Rencana Semula

Pada 17 September 2020, PP Perbasi dan IBL, serta PSSI dengan Liga 1-nya, sama -sama menadatangani MoU (Memorandum of Understanding) dengan pihak Kemenpora RI dan BNPB. Mereka sepakat melanjutkan kompetisi profesional dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Nota kesepakatan tersebut menjadi landasan IBL bisa melanjutkan kompetisi musim ini.

Sayangnya saat itu dilakukan, Gubernur DKI Jakarta Anies sebelumnya menetapkan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk kesekian kalinya. Padahal, IBL sudah berencana melanjutkan kompetisi di Jakarta. Mereka juga sudah merancang Mahaka Square layaknya sebuah "gelembung", seperti yang dilakukan NBA.

Baca Juga: Pesan BNPB: Kegiatan Olahraga Penting, Tapi Keselamatan Jadi Prioritas

Akhirnya, pada 7 Oktober, atau enam hari sebelum pelaksanaan lanjutan kompetisi, pembatalan dilakukan. Sampai berita ini diturunkan, IBL belum memberi keterangan tentang detail pembatalan tersebut. (tor)

Foto: IBL

Komentar