IBL

Indonesian Basketball League (IBL) 2020 yang sempat ditunda karena pandemi virus korona, akan dilanjutkan kembali. Rencana awal, IBL digelar kembali pada 4 September, namun pihak penyelenggara akhirnya memutuskan mundur pada 13-27 Oktober 2020. Semua kegiatan playoff mulai babak pertama hingga final digelar di Mahaka Square Arena Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Penyelenggara juga memutuskan bahwa pertandingan digelar tanpa penonton. Namun demikian, pecinta basket bisa menyaksikan lewat siaran langsung (live streaming).

"Kami memundurkan pelaksanaan lanjutan kompetisi (IBL 2020) setelah mempertimbangkan beberapa aspek, termasuk untuk memberi waktu persiapan lebih banyak kepada klub-klub menghadapi babak playoff," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah.

Baca Juga: IBL Dilanjutkan 4 September 2020

Jadwal pelaksanaan tersebut juga sudah diinformasikan kepada semua klub-klub peserta IBL. Dalam memutuskan opsi kota, juga menimbang berbagai aspek seperti fasilitas, antisipasi operasional dalam menjalankan pedoman kesehatan serta tanggapan dari pemerintah daerah setempat.

Jadwal lanjutan IBL ini juga telah mendapat dukungan dari kantor Walikota Jakarta Utara. Dukungan ini disampaikan ketika menerima kunjungan manajemen IBL di Kantor Walikota Jakarta Utara, Kamis, 23 Juli, juga dihadiri beberapa dinas terkait. Sebelumnya dukungan juga diberikan kepada IBL oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemuda dan Olahraga serta pihak-pihak terkait lainnya.

"Setelah IBL mendapatkan rekomendasi pedoman penyelenggaraan dari BNPB, kami memantapkan rencana dan penjadwalan pelaksanaan baru ini," sambung Junas.

Baca Juga: BNPB Apresiasi IBL Atas Persiapan Pedoman Matang Melanjutan Liga

Junas berharap dan mengingatkan seluruh pihak terkait dalam kompetisi IBL Pertamax 2020, terutama klub-klub untuk selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan, baik saat latihan maupun ketika pertandingan berlangsung.

"Kita harus disiplin terhadap pedoman kesehatan. Seperti yang dikatakan Bapak Presiden bahwa penyebaran virus Corona dapat dicegah dengan kedisiplinan yang kuat dari diri kita sendiri," ulas Junas.

Dengan pelaksanaan protokol secara disiplin dan pengawasan ketat dari semua pihak, terutama klub akan menekan terjadinya infeksi Covid-19.

Hal ini juga sesuai dengan arahan Dinas Kesehatan yang mengharuskan semua pihak terlibat berkomitmen tinggi menerapkan protokol kesehatan setiap saat. Manajemen IBL akan terus memonitor dan gencar melakukan sosialisasi pedoman atau protokol kesehatan yang telah disusun. (tor)

Foto: IBL

Komentar