IBL

Manajemen IBL melakukan sosialisasi pedoman kesehatan dalam penyelenggaraan lanjutan kompetisi IBL 2020 di Mahaka Square Arena, Kelapa Gading, Jakarta 13-27 Oktober mendatang. Kali ini media yang diberi sosialisasi pelaksanaan pertandingan. IBL akan membatasi jumlah media yang meliput langsung di arena.

Setelah melakukan sosialisasi kepada klub, pemain dan perangkat pertandingan, IBL menyelenggarakan sosialisai secara virtual kepada awak media yang akan meliput lanjutan IBL 2020.

"Kami ingin rekan-rekan wartawan paham dan mengerti dengan pedoman kesehatan yang akan diterapkan nantinya. Kami juga berharap ada masukan dari rekan-rekan, kami akan mengundang media pada satu sesi simulasi nanti," kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsjah, Rabu lalu (2/9).

"Pedoman kesehatan ini sesuai dengan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan," jelas Muhammad Andito selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 IBL. "Mahaka Square Arena dipilih karena dinilai paling ideal sebab penginapan semua tim dan perangkat pertandingan di Hotel Santika Kelapa Gading berada dalam satu kawasan."

Berada di satu area, membuat mobilisasi tim dan petugas pertandingan serta staf penyelenggaraan tidak terlalu luas. Pembagian jalur menuju lapangan pertandingan bisa lebih mudah. Jalur untuk pemain dan petugas lain pun juga dipisahkan. Penyelenggaraan di masa pandemi ini juga memaksa ada pembatasan jumlah peliput di dalam lapangan.

"Hanya ada lima fotografer dan lima videographer yang berada di dalam lapangan dalam satu pertandingan. Jumlah jurnalis juga dikurangi menjadi lima jurnalis tulis di ruang pers," kata Guustave Fabiano selaku media officer IBL.

Para peliput harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Dalam melakukan liputan pun mereka harus disiplin pada pedoman kesehatan. Para awak media juga harus menunjukkan hasil swab test yang menyatakan bebas Covid -19, atau hasil rapid test yang non-reaktif. Sebelum masuk, semua akan di sccreening dan sterilisasi.

IBL 2020 akan dilanjutkan kembali, dan langsung ke babak playoff. Tidak melanjutkan musim reguler. Semua tim akan tampil tanpa pemain asing. Mereka juga tidak boleh mengganti roster pemain. Sembilan tim yang bertanding yaitu NSH Jakarta, Pelita Jaya Bakrie, Satria Muda Pertamina Jakarta, Louvre Surabaya, Pacific Caesar Surabaya, Prawira Bandung, Amartha Hangtuah, Bank BPD DIY Bima Perkasa, dan Satya Wacana Salatiga. (tor)

Foto: IBL

Komentar