IBL

Setelah tiga gim nihil kemenangan, akhirnya RANS PIK Basketball bisa pecah telur. Tim polesan Koko Heru Nugroho itu sukses memetik kemenangan pertamanya ketika bertemu tim debutan lainnya Bumi Borneo pada Jumat 21 Januari 2022. RANS PIK berhasil membungkam Bumi Borneo dengan skor 70-65. Ini adalah gim terakhir kedua tim di Seri 1 Jakarta.

RANS PIK langsung mengambil inisiatif menyerang sejak tepis mula. Tiga pemain mereka Hal Shane Heyward, Bima Riski Ardiansyah, dan Althof Dwira Satrio membawa timnya unggul (7-0) saat kuarter pertama belum genap berjalan dua menit. Selanjutnya, mereka terus menggempur barisan pertahanan Bumi Borneo, tembakan dua poin dari Ida Bagus Ananta Wisnu menutup kemenangan RANS (29-10) atas lawannya di kuarter pertama.

Menginjak kuarter kedua, skuat Bumi Borneo mencoba bangkit dari ketertinggalan. Mereka sukses menambah 19 poin di kuarter kedua. Namun, RANS PIK bisa menjaga ritme pertandingan, meskipun hanya bisa menambah 15 poin. RANS PIK masih unggul (44-29) dari Bumi Borneo. Dua pemain asing RANS PIK yang bermain buruk ketika berjumpa Satria Muda, di gim ini bermain lebih lepas.

Baik Heyward maupun Jalil Abdul-Bassit sama-sama mengemas poin digit ganda. Heyward sukses membukukan dobel-dobel dengan 15 poin dan 11 rebound. Abdul-Bassit sendiri menyudahi gim hari ini dengan torehan 12 poin dan 5 rebound. Satu pemain RANS PIK lainnya, Bima Riski juga mencatatkan dobel-dobel, dengan raihan 13 poin dan 11 rebound sealam bermain 33 menit.

Secara statistik tim, RANS PIK juga lebih baik ketimbang gim sebelumnya. Torehan akurasi keseluruhan mereka tercatat di angka 50 persen (24/48). Begitupun dengan akurasi tembakan dua poin mereka ada di 59 persen (11/26). Namun, turnover skuat RANS PIK masih jadi catatan penting karena berada di angka 29.

“Puji syukur kami bisa ambil gim terakhir ini. Game plan juga sudah berjalan baik, transisi dan ketenangan pemain sudah lebih baik. Masalah turnover kami terus ingatkan, hal itu jadi catatan penting di seri pertama Jakarta ini,” ucap Abrizalt Hasiholan asisten pelatih RANS PIK.

Sebaliknya, dari kubu lawan dua pemain asing Bumi Borneo masih menjadi tumpuan tim. Meskipun kembali gagal meraih kemenangan, Austin Mofunanya dan Randy Bell berkontribusi penuh untuk tim. Mofunaya yang kerap jadi top skor, di gim ini hanya menyumbang 12 poin. Itu berbanding terbalik dengan Randy Bell yang datang dari bangku cadangan. Ia justru bisa lebih produktif menyumbang 26 poin dan 5 rebound dengan waktu bermain 21 menit lebih.

“Sangat disayangkan gim hari ini lepas, padahal dua gim terakhir seri Jakarta kami targetkan menang. Kami kalah start tadi. Di kuarter satu dan dua kami merasa kesulitan. Kami harus bisa meraih kemenangan untuk jadi lucutan di musim ini,” imbuh asisten Bumi Borneo, Rimbun Sidahuruk.

Bumi Borneo sebenarnya sempat memangkas jarak ketertinggalan menjadi lima poin saja di dua menit terakhir, melalui tembakan tripoin Agam Subastian. Sayangnya, itu jadi poin terakhir yang bisa dicetak oleh mereka, sebelum buzzer akhir berbunyi (65-70) Bumi Borneo menelan kekalahan keempatnya secara beruntun.

Kedua tim akan berlaga kembali di seri Bandung yang berlangsung 29 Januari 2022 mendatang. (hth)

Foto: RANS Basketball For Mainbasket

 

Komentar