IBL

Dewa United Surabaya masih tak terkalahkan usai membekuk Bumi Borneo Basketball Pontianak 83-78, Sabtu, 29 Januari 2022. Gim pembuka Seri 2 Bandung ini berlangsung sangat ketat. Total ada 8 kali situasi berimbang dan 14 kali pergantian keunggulan sebelum Dewa United mengamankan kemenangan.

Di kuarter pembuka, Bumi Borneo menemukan sentuhan terbaiknya di sepanjang lima gim pertama ini. Mereka menembak 67 persen dan mencetak total 32 poin. Duo asing mereka mengombinasikan 18 dari keseluruhan poin itu. 

Kuarter kedua, akurasi Bumi Borneo masih terjaga. Namun, mereka membuat enam turnover, dua kali lipat dari jumlah yang mereka buat di kuarter pembuka. Beruntungnya, akurasi Dewa United tak kunjung wangi jadi jarak pun makin terbuka jadi sembilan poin (47-38). 

Kuarter ketiga jadi pembeda terbesar gim ini. Dewa United mengubah strategi bertahan mereka jadi pertahanan zona. Bumi Borneo kesulitan membongkar situasi ini dan hanya mencetak empat poin di tujuh menit pertama kuarter tiga. Di waktu yang sama, Dewa United mencetak 23 poin yang membuat mereka sempat unggul 10 poin. 

Namun, Bumi Borneo tak menyerah begitu saja. Mereka menutup kuarter ketiga tertinggal tiga poin dan terlibat aksi saling kejar di kuarter penutup. Sayangnya, Ngurah Wisnu terkena fouled out yang membuat Bumi Borneo pun kembali hanya mengandalkan pemain asing mereka.

Veteran, Xaverius Prawiro, jadi penampil terbaik di gim ini. Selama 34 menit di lapangan, pemain yang akrab disapa Ius ini mencetak 28 poin dan 6 asis. Ius memasukkan 9/17 tembakan (52 persen). Tembakan jarak menengahnya di sisa 29 detik membuat selisih kedua tim jadi empat poin dan Dewa United tak terkejar lagi. 

Kaleb Ramot Gemilang menyusul dengan 20 poin. Darryl Palmer main 14 menit dan mencetak dobel-dobel 11 poin dan 11 rebound. Sayangnya, Palmer dikeluarkan dari lapangan karena masuk dari bangku cadangan saat terjadi friksi. 

Untuk Bumi Borneo, Austin Mofunanya dobel-dobel 22 poin dan 12 rebound. Randy Bell juga dobel-dobel 19 poin dan 13 rebound. Ngurah Wisnu melengkapi dengan 11 poin dan 7 rebound. 

Bumi Borneo belum meraih kemenangan di lima gim perdana mereka. Dewa United sebaliknya. Dengan hasil ini untuk sementara memuncaki klasemen dengan lima kemenangan beruntun. Dewa United adalah satu dari tiga tim yang belum kalah di Seri 1 bersama Pelita Jaya Bakrie Jakarta dan Amartha Hangtuah.

Foto: Hariyanto

Komentar