IBL

Dewa United Surabaya kembali menuai hasil positif di gim keduanya. Berjumpa Satya Wacana Salatiga pada Selasa, 18 Januari 2022, Dewa United berhasil memetik kemenangan dengan skor 66-64. Hasil tersebut, membawa Dewa United kini mengemas empat poin dari dua kemenangan di dua gim yang sudah dilakoni.

Kombinasi antara pemain berpengalaman juga pemain asing membuat Dewa United bermain sangat gahar atas Satya Wacana di gim hari ini. Dua pemain senior Dewa United, Xaverius Prawiro dan Kaleb Ramot Gemilang menjadi pahlawan dibalik kemenangan Dewa United. Di gim hari ini, Ius (sapaan akrab Xaverius) bermain impresif.

Ius banyak menyuplai poin Dewa United melalui tembakan tiga poin. Total, dirinya berhasil mengoversi 14 poin. Akurasi tembakan tiga poinnya menyentuh 33 persen (3/9). Sementara, Kaleb yang juga menjadi penentu kemenangan ketika melawan DNA Bima Perkasa Yogyakarta, kembali tampil apik. Forwarda berusia 31 tahun itu sukses menyumbangkan 16 poin dan 5 asis.

Bukan hanya dua pemain senior itu saja yang jadi sorotan utama. Mathcup antara dua pemain asing baik dari Dewa United maupun Satya Wacana pun tak luput sepanjata laga. Senter Dewa United, Dishon Lurell Lowery juga berkontribusi buat tim dengan catatan 13 poin disertai 9 rebound.  

Di lain sisi, Tyree Jamal Robinson senter andalan Satya Wacana hampir membukukan tripel dobel-dobel, dengan catatan 19 poin, 14 rebound, dan 9 blok. Sayangnya performa gemilang dari Robinson itu belum bisa mengantarkan Satya Wacana ke jalur kemenangan.

Sempat timpang sebelum jeda paruh babak, pertandingan kembali sengit di kuarter ketiga. Angin seolah berbalik ke arah Satya Wacana setelah sebelumnya mereka tertinggal sembilan poin dari Dewa United. Henky Lakay dkk menggempur sampai sukses menambah 20 poin untuk mengikis ketertinggalan. Bahkan, mereka sempat unggul pertama kali ketika gim menginjak dua menit terakhir.

Hanya saja keunggulan (41-40) untuk Satya Wacana itu tidak berlangsung lama. Sebab, Xaverius kembali mendulang tiga poin untuk membawa Dewa United unggul (43-41). Sebelum akhirnya, Dewa United menutup kuarter ketiga dengan keunggulan 46-44.

Beranjak ke kuarter keempat, Dewa United mulai menemukan kembali ritme pertandingan. Tim polesan Andika Saputra itu bisa menahan gempuran Satya Wacana. Dua poin dari tembakan bebas Kaleb di penghujung kuarter mengamankan posisi Dewa United.

Meskipun, Alexander Franklyn sukses menambah tiga poin bagi Satya Wacana ketika momen buzzer berbunyi, itu tetap tidak menghindarkan kekalahan mereka atas Dewa United dengan skor 66-64. Franklyn adalah top skor gim dengan 23 poin. 

“Saya cukup kecewa dengan hasil ini, karena belum sesuai harapan. Pemain mengetahui bahwa ini perjalanan yang tidak pendek, akan ada gim berikutnya, kita harus kembalikan lagi kepercayaan diri,” ucap Jerry Lolowang, pelatih kepala Satya Wacana.

Di lain sisi, Andika tetap tidak jemawa terhadap kemenangan di gim hari ini. “Tidak ada yang mudah, ini hasil kerja keras para pemain. Kami akan istirahat dan evaluasi untuk gim selanjutnya,” ucap pelatih yang akrab disapa Bedu itu.

Di gim selanjutnya, Satya Wacana akan berhadapan dengan Bali United dan Dewa United akan bersua Tangerang Hawks. (hth)

Foto: Hariyanto

Komentar