IBL

Hasil tidak memuaskan kembali didapat oleh Satya Wacana Salatiga. Tim polesan Jerry Lolowang itu menelan kekalahan ketiga secara beruntun, usai mereka ditaklukan oleh Bali United dengan skor 81-66 pada hari kelima IBL seri Jakarta yang berlangsung Kamis, 20 Januari 2022.

Sebaliknya, hasil ini turut mengamankan posisi Bali United, yang sampai gim ketiga sudah mengantongi lima poin, dengan catatan dua kemenangan dan satu kekalahan.

Menariknya, di gim ini berdasarkan catatan statistik, sebanyak 40 poin Bali United berasal dari pemain cadangan mereka. Sebaliknya, Henky Lakay dan tim tak dapat berbuat banyak di gim ketiganya hari ini. Bali United sendiri langsung mengambil inisiatif menyerang sejak pertandingan dimulai.

Mereka berhasil mengunci kemenangan dengan margin 11 poin di kuarter pertama. Bali United menutup skor 24-13 atas Satya Wacana di kuarter pertama. Beranjak ke kuarter kedua, Satya Wacana membuka harapan untuk mengembalikan kedudukan. Mereka bisa menambah 20 poin, unggul tipis dari Bali United, yang berhasil mencetak tambahan 18 poin. 

Pemain asing mereka, Tyree Jamal Robinson sebenarnya bermain impresif di gim hari ini. Senter berusia 27 tahun itu, sukses mencetak 28 poin dan 9 rebound. Akurasi tembakannya juga menyentuh 73 persen (11/15). Alexander Franklyn, forwarda sekaligus kapten Satya Wacana, mampu mencetak 12 poin dan 5 asis hari ini.

Tapi, catatan tersebut belum cukup membantu tim asal kota Salatiga itu memenangi laga sore tadi. Di sisi lain, ada empat pemain Bali United, yang bisa mencetak poin digit ganda. Dua pemain asing mereka, William Jerarld Green dan Kendal Yancy jadi top skor bagi Bali United. Green sukses menceploskan 22 poin dan 9 rebound.

Sementara Yancy menyudahi gim ini dengan catatan 17 poin serta 9 rebound. Menyusul Abraham Wenas dengan 11 poin dan Surliyadin (10 poin). “Ini gim yang fair, sejak awal kami cari cara untuk kembali membangun mental setelah kalah kemarin. Hasilnya di gim ini kami kembali dengan baik. Ini bukan musim yang mudah, banyak pemain yang berjuang untuk mencapai penampilan terbaiknya,” ucap Aleksandar Stefanovski, pelatih Bali United.

Dari kubu Satya Wacana sendiri, kekalahan ketiga secara beruntun ini jadi pukulan telak bagi mereka. “Di dua pertandingan sebelumnya kami tampil cukup baik dari hari ini. Saya harus akui ini di bawah performa kami. Saya bertanggung jawab penuh, strategi tidak berjalan baik. Banyak kesempatan yang terbuang,” tutur Jerry Lolowang usai laga.

Di gim terakhir seri Jakarta, Bali United akan berhadapan versus DNA Bima Perkasa Yogyakarta, dan Satya Wacana bakal berjibaku meraih kemenangan pertamanya ketika berjumpa Evos Thunder pada Sabtu 22 Januari 2022. (hth)

Foto: Hariyanto

Komentar