IBL

NSH Mountain Gold Timika berhasil membawa pulang kemenangan perdana mereka di IBL 2022 kala bersua Bumi Borneo Basketball Pontianak, Sabtu, 15 Januari 2022 di Hall Basket Senayan, Jakarta. NSH Mountain Gold berhasil menaklukan tim debutan, Bumi Borneo Basketball dengan skor tipis 68-60.

Sejak kuarter pertama, NSH memang memimpin jalannya pertandingan. Hanya saja, secara selisih poin, mereka tidak pernah unggul jauh. Jarak poin kedua tim, tidak lebih dari lima angka. Bumi Borneo yang tampil sebagai debutan, ternyata sanggup memberi perlawanan. Beruntungnya, NSH memiliki Shavar Tahrel Newkirk yang diplot sebagai daya gedor tim.

Dirinya menjadi salah satu tulang punggung NSH. Bermain selama 27 menit, Shavar sukses membukukan dobel-dobel, dengan 28 poin, 14 rebound, dan 6 asis. Menyusul Shavar, ada Hengki Infandi dan Jan Misael Panagan yang turut menyumbang 11 poin untuk mengamankan kemenangan NSH atas Bumi Borneo.

Momen krusial sebenarnya terjadi ketika gim memasuki babak pamungkas. Bumi Borneo mencoba keluar dari tekanan NSH di kuarter keempat, semenjak tetinggal 47-38 dari NSH.

Austin Mofunanya, senter andalan Bumi Borneo sukses membuka pundi-pundi poin bagi timnya, melalui layup dua poin. NSH terlihat tertatih di kuarter pamungkas. Mereka kecolongan 22 poin dari Bumi Borneo, yang perlahan bangkit dari ketertinggalan, yang sebelumnya mereka tertinggal 11 angka dari NSH. Padahal, di kuarter keempat ini, Bumi Borneo kehilangan Arion Tio, yang terkena fouled out.

Margin poin di kuarter keempat terus mengecil. Bahkan, menjelang tiga menit terakhir kedua tim hanya berbeda lima poin. Tapi, itu tidak membuat skuad NSH panik. Mereka tenang, demi mempertahankan keunggulan. Perlahan, lewat Andre Rorimpandey, tembakan tiga poinnya bisa memperlebar jarak kemenangan jadi 64-56.

Shavar juga kembali mendulang poin lewat layupnya, untuk terus menjaga momentum keunggulan jadi 66-58 atas Bumi Borneo. Tim besutan Tondi Syailendra itu masih punya harapan. Ketika AA Ngurah Wisny  mencetak dua angka, untuk mengubah skor jadi 60-66. Sayangnya, NSH sukses menghentikan pundi-pundi Bumi Borneo. Dua tambahan poin dari Andre Rorimpandey mengunci kemenangan NSH atas Bumi Borneo 68-66.

Usai laga, Anthony Garbelotto, pelatih kepala NSH menyatakan kemenangan ini merupakan bentuk nyata kegigihan para pemainnya. “Gim pertama sangat berat, mereka cukup tangguh meskipun masih tim debutan,” ucapnya. Ia pun menilai pertahanannya sudah cukup baik di laga tadi. “Ruslan bermain baik, terutama di daerah pertahanan kami,” tambahnya.

Sebaliknya, Tondi Syailendra, arsitek tim Bumi Borneo banyak ambil pelajaran dari gim hari ini. “Grogi tentu ada, banyak rencana strategi kami yang tidak berjalan. Kami juga terkendala persiapan, untuk laga selanjutnya kami akan usahakan mengurangi kesalahan,” tuturnya.

Bumi Borneo sendiri akan berhadapan dengan finalis musim lalu, Pelita Jaya Bakrie Jakarta. Begitu pun dengan NSH, yang akan menjajal juara bertahan Satria Muda Pertamina Jakarta, besok. (hth)

Foto: Hariyanto

Komentar