IBL

Bintang Golden State Warriors Draymond Green mengatakan bahwa dirinya lebih menikmati bermain basket belakangan ini. Sebab aturan baru tentang pelanggaran, membuat beberapa pemain tidak bisa lagi mencari poin dari tembakan gratis. Green juga menyindir bintang Brooklyn Nets, James Harden. 

Selama beberapa pertandingan pertama musim ini, Harden berjuang untuk mencetak poin. Ini terutama karena dia tidak memiliki repetisi yang cukup setelah pulih dari cedera hamstring yang dideritanya di babak playoff. Dan karena itu, angka ofensifnya jauh di bawah apa yang biasa kita lihat.

Selain itu, aturan pelanggaran NBA yang baru sangat menghambat permainan ofensifnya. Sebelum aturan itu, Harden mahir mencari pelanggaran dan berhasil mencetak poin dari tembakan gratis. Tapi saat ini, dia rata-rata melakukan lima tembakan gratis dalam satu pertandingan. Itu merupakan jumlah dalam karir NBA-nya sejak musim terakhirnya di Oklahoma City Thunder pada 2012 .

Draymond Green juga mengungkapkan betapa dia menikmati situasi ini. "Ini adalah bola basket murni,"  kata Green, dikutip dari ESPN. "Saya tahu betapa puas penonton melihat pertandingan tanpa keputusan yang merugikan tim lawan dengan peluit-peluit busuk."

Green langsung menunjuk James Harden sebagai pemain yang pandai memanfaatkan pertarutan tentang pelanggaran. "James adalah salah satu yang terbaik dalam hal ini. Saat Anda menyentuhnya, mereka (wasit) bisa meniup peluit kapan saja."

James Harden sendiri memainkan pola yang berbeda kali ini. Pelatih Steve Nash memberi Harden banyak masukan tentang apa yang bisa dilakukan tanpa memanfaatkan pelanggaran. 

"Saya ingin kembali mencetak 30 sampai 40 poin, tapi saya tidak bisa melakukan itu sekarang," kata Harden kepada Yahoo!Sports. 

Namun Minggu malam, waktu Amerika Serikat, tampaknya Harden sudah mulai menemukan cara. Dia mencetak tripel-dobel dengan catatan 18 poin, 12 asis, dan 10 rebound saat Nets menang 117-91 melawan Detroit Pistons. Meski Green mengaitkan dengan aturan baru NBA, Steve Nash masih percaya bahwa Harden tidak akan terpengaruh dengan hal tersebut. Satu-satunya yang membuat Harden belum maksimal adalah kondisi fisiknya. 

Steve Nash percaya bahwa ketika fisiknya prima dan efek cedera sudah hilang, maka Harden bisa tampil maksimal lagi. "Kami hanya perlu bersabar dengannya dan memberinya waktu untuk kembali ke performa terbaiknya. James menunjukkan tanda-tanda mendapatkan ritmenya kembali. Seperti yang selalu saya katakan, itu bukan proses yang mudah. Ini akan membawanya beberapa waktu," pungkas Nash. (tor)

Foto: Black Sports Online

Komentar